Selasa 29 Mar 2022 21:39 WIB

HK Prediksi Pemudik Lewat Jalan Tol Trans Sumatra Melonjak

Jika terjadi lonjakan, PT HK telah menyiapkan strategi rekayasa lalu lintas.

Rep: Mursalin Yasland/ Red: Fuji Pratiwi
Salah satu ruas Jalan Tol Trans Sumatra (ilustrasi). PT Hutama Karya (HK), selaku BUMN pengelola jalan tol memprediksi kendaraan pemudik pada arus mudik Idul Fitri 1443 mendatang di Jalan Tol Trans Sumatra (JTTS) mencapai 3,8 juta unit.
Foto: Republika/Mursalin Yasland
Salah satu ruas Jalan Tol Trans Sumatra (ilustrasi). PT Hutama Karya (HK), selaku BUMN pengelola jalan tol memprediksi kendaraan pemudik pada arus mudik Idul Fitri 1443 mendatang di Jalan Tol Trans Sumatra (JTTS) mencapai 3,8 juta unit.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDAR LAMPUNG – PT Hutama Karya (HK), selaku BUMN pengelola jalan tol memprediksi kendaraan pemudik pada arus mudik Idul Fitri 1443 mendatang di Jalan Tol Trans Sumatra (JTTS) mencapai 3,8 juta unit. Lonjakan trafik kendaraan di JTTS tersebut memang belum signifikan.

"Lonjakan akan terjadi H-7 Hari Raya Idul Fitri, trafiknya akan naik hingga 14,56 persen. Memang tidak terlalu signifikan, tetapi dibandingkan dengan 2021 akan meningkat kurang lebih 600 ribu kendaraan," kata Direktur Operasi III PT HK Koentjoro dalam keterangan persnya, Selasa (29/3/2022).

Baca Juga

Ia mengatakan, jika terjadi lonjakan, PT HK telah menyiapkan strategi rekayasa lalu lintas dengan melakukan pengalihan arus. Misalnya apabila terdapat antrean panjang pada Gerbang Tol (GT) Bakauheni Selatan akan dialihkan menuju GT Bakauheni Utara. Selain itu, HK juga menyiapkan rubber cone untuk membebaskan bahu jalan saat terjadi antrean, dan menggunakan skema contra flow yang berkoordinasi dengan pihak kepolisian.

Saat ini sejumlah ruas JTTS yang sudah dioperasikan PT HK antara lain Ruas Tol Bakauheni – Terbanggi Besar, Ruas Terbanggi Besar - Pematang Panggang - Kayu Agung, Ruas Palembang – Indralaya, Ruas Pekanbaru – Dumai, Ruas Medan – Binjai – Stabat, dan Ruas Sigli – Banda Aceh Seksi III & IV.

Koentjoro mengimbau kepada seluruh pengguna jalan agar mematuhi ketentuan dan tata tertib yang berlaku di jalan tol, salah satunya dengan menggunakan satu Kartu Uang Elektronik (UE) hanya untuk satu kendaraan serta memastikan kecukupan saldo UE sebelum memasuki GT.

Apabila pengguna jalan lupa untuk mengisi saldo UE, dapat menggunakan aplikasi HK Toll Apps yang dimiliki HK dimana terdapat fitur cek saldo UE dan juga dapat melakukan top up saldo UE.

Selain itu HK terus menghimbau kepada pengguna jalan tol untuk berkendara dengan kecepatan minimum dan maksimum sesuai yang dipersyaratkan, dan tidak menggunakan bahu jalan kecuali dalam keadaan darurat.

PT HK mengimbau segera beristirahat apabila merasa mengantuk di rest area terdekat serta untuk selalu mematuhi protokol kesehatan yang berlaku di manapun berada.

Apabila pengguna jalan tol mengalami atau melihat tindak kejahatan yang ada di jalan tol maupun rest area agar segera melapor ke call centre masing-masing cabang jalan tol.

Untuk menyambut arus mudik, Koentjoro bersama dengan Sekretaris Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Triono Junoasmono, Direktur Jalan Bebas Hambatan Budi Harimawan, dan Kepala Bidang Teknik BPJT Ni Komang Rasminiati beserta jajaran telah meninjau perbaikan dan kesiapan JTTS pada Kamis (24/3/2022) dan Jumat (25/3/2022).

Jajaran PT HK meninjau secara langsung perbaikan dan kesiapan JTTS Ruas Bakauheni – Terbanggi Besar, Ruas Terbanggi Besar – Pematang Panggang – Kayu Agung, dan Ruas Palembang – Indralaya.  Koentjoro mengatakan HK memastikan seluruh ruas JTTS yang dikelola siap untuk dilalui pada saat mudik Lebaran 2022

"Kami akan selesaikan berbagai perbaikan pada jalan tol yang dikelola sebelum momen mudik dimulai. Kami juga telah melakukan berbagai persiapan dan peningkatan pelayanan untuk mengantisipasi terjadinya kepadatan di di Gerbang Tol," ujarnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement