Senin 04 Apr 2022 11:49 WIB

Europa, Bulan Jupiter Miliki Lautan yang Mengandung Oksigen?

Bulan Planet Jupiter, Europa adalah kandidat utama dalam pencarian kehidupan.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Dwi Murdaningsih
Foto bulan Jupiter, Io (kiri) dan Europa (kanan) yang diambil dengan pesawat Juno.
Foto: nasa
Foto bulan Jupiter, Io (kiri) dan Europa (kanan) yang diambil dengan pesawat Juno.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Bulan Planet Jupiter, Europa adalah kandidat utama dalam pencarian kehidupan. Europa adalah bulan yang membeku, memiliki lautan di bawah permukaan. Bukti-bukti menunjukkan bahwa lautan itu hangat, asin, dan kaya akan zat kimia yang memungkinkan kehidupan.

Penelitian baru menunjukkan bahwa bulan menarik oksigen ke bawah cangkang esnya, di mana mungkin bisa memberi makan kehidupan sederhana.

Baca Juga

Dilansir dari Sciencealert, Ahad (3/4/2022), apakah Europa dapat menopang kehidupan di laut bawah permukaannya masih bisa diperdebatkan. Perdebatan tersebut pada dasarnya terhenti sampai Badan Antariksa Amerika (NASA) mengirim wahana Europa Clipper ke sana.

Misi ke Europa harus dirancang dengan cermat. NASA mendasarkan sebagian dari desain wahana tersebut untuk pertanyaan spesifik yang ingin dijawab para ilmuwan oleh Clipper. NASA merancang misi dengan mempertimbangkan pertanyaan besar, tetapi mereka hanya dapat menjawab pertanyaan yang lebih kecil dan spesifik.

Sekarang, para ilmuwan sedang mempelajari berbagai aspek Europa dan melakukan simulasi untuk menyempurnakan pertanyaan yang mereka perlukan dalam misi tersebut. Oksigen adalah inti dari salah satu pertanyaan itu.

Ilmuwan meyakini Europa memiliki sebagian besar dari apa yang dibutuhkan kehidupan untuk menopang dirinya sendiri. Air adalah bahan utama, dan memiliki banyak air di laut bawah permukaannya. Europa memiliki lebih banyak air daripada lautan di Bumi.

Europa juga memiliki nutrisi kimia yang dibutuhkan. Kehidupan membutuhkan energi, dan sumber energi Europa adalah pasang surut dari Jupiter, yang memanaskan bagian dalamnya dan menghentikan lautan dari pembekuan padat. Ini adalah fakta yang cukup mapan bagi sebagian besar ilmuwan.

Bulan beku juga memiliki oksigen di permukaannya, petunjuk lain yang menarik tentang kelayakhunian. Oksigen dihasilkan ketika sinar matahari dan partikel bermuatan dari Jupiter menyerang permukaan bulan.

Tapi ada masalah: lapisan es tebal Europa adalah penghalang antara oksigen dan laut. Permukaan Europa membeku, jadi kehidupan apa pun harus berada di lautannya yang luas.

Bagaimana oksigen dapat mengalir dari permukaan ke laut? Menurut sebuah surat penelitian baru, genangan air asin di cangkang es Europa bisa mengangkut oksigen dari permukaan ke laut. Penelitian itu  diterbitkan dalam jurnal Geophysical Research Letters. Penulis utamanya adalah Marc Hesse, seorang profesor di UT Jackson School of Geosciences Department of Geological Sciences.

 

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
اِنَّمَا مَثَلُ الْحَيٰوةِ الدُّنْيَا كَمَاۤءٍ اَنْزَلْنٰهُ مِنَ السَّمَاۤءِ فَاخْتَلَطَ بِهٖ نَبَاتُ الْاَرْضِ مِمَّا يَأْكُلُ النَّاسُ وَالْاَنْعَامُ ۗحَتّٰٓى اِذَآ اَخَذَتِ الْاَرْضُ زُخْرُفَهَا وَازَّيَّنَتْ وَظَنَّ اَهْلُهَآ اَنَّهُمْ قٰدِرُوْنَ عَلَيْهَآ اَتٰىهَآ اَمْرُنَا لَيْلًا اَوْ نَهَارًا فَجَعَلْنٰهَا حَصِيْدًا كَاَنْ لَّمْ تَغْنَ بِالْاَمْسِۗ كَذٰلِكَ نُفَصِّلُ الْاٰيٰتِ لِقَوْمٍ يَّتَفَكَّرُوْنَ
Sesungguhnya perumpamaan kehidupan duniawi itu, hanya seperti air (hujan) yang Kami turunkan dari langit, lalu tumbuhlah tanaman-tanaman bumi dengan subur (karena air itu), di antaranya ada yang dimakan manusia dan hewan ternak. Hingga apabila bumi itu telah sempurna keindahannya, dan berhias, dan pemiliknya mengira bahwa mereka pasti menguasainya (memetik hasilnya), datanglah kepadanya azab Kami pada waktu malam atau siang, lalu Kami jadikan (tanaman)nya seperti tanaman yang sudah disabit, seakan-akan belum pernah tumbuh kemarin. Demikianlah Kami menjelaskan tanda-tanda (kekuasaan Kami) kepada orang yang berpikir.

(QS. Yunus ayat 24)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement