Senin 04 Apr 2022 11:46 WIB

PM Hungaria Umumkan Kemenangan Pemilu

PM Hongaria Viktor Orban merupakan sekutu dekat Presiden Rusia Vladimir Putin.

Rep: Dwina Agustin/ Red: Esthi Maharani
Perdana Menteri Hongaria Viktor Orban menyapa pendukung yang bersorak selama rapat umum malam pemilihan di Budapest, Hongaria, Ahad, 3 April 2022.
Foto: AP/Petr David Josek
Perdana Menteri Hongaria Viktor Orban menyapa pendukung yang bersorak selama rapat umum malam pemilihan di Budapest, Hongaria, Ahad, 3 April 2022.

REPUBLIKA.CO.ID, BUDAPEST -- Perdana Menteri Hongaria Viktor Orban mengumumkan kemenangan dalam pemilihan nasional pada Ahad (3/4). Sosok nasionalis ini merupakan sekutu dekat Presiden Rusia Vladimir Putin.

Orban mengklaim mandat untuk masa jabatan keempat meski penghitungan suara masih terus berlangsung. Kantor Pemilihan Nasional melaporkan, sekitar 91 persen suara telah dihitung, koalisi Fidesz pimpinan Orban telah memenangkan 53 persen. Sementara koalisi oposisi pro-Eropa, United for Hungary, hanya mendapatkan sekitar 34 persen.

Dalam pidato 10 menit kepada pejabat dan pendukung partai Fidesz di acara malam pemilihan di Budapest, Orban berbicara kepada orang banyak yang bersorak "Viktor!". Dia  mengatakan itu adalah kemenangan besar untuk partainya.

"Kami memenangkan kemenangan yang begitu besar sehingga Anda dapat melihatnya dari bulan, dan Anda tentu dapat melihatnya dari Brussel,” kata Orban.

"Seluruh dunia telah melihat malam ini di Budapest bahwa politik demokrasi Kristen, politik sipil konservatif, dan politik patriotik telah menang. Kami memberi tahu Eropa bahwa ini bukan masa lalu, ini masa depan," kata Orban menyinggung Uni Eropa (UE) yang sering mengkritiknya.

Menteri Dalam Negeri Hungaria Zoltan Kovacs menunjuk partisipasi begitu banyak partai dalam pemilihan sebagai bukti kekuatan demokrasi Hungaria. "Kami telah mendengar banyak omong kosong baru-baru ini tentang apakah ada demokrasi di Hungaria. Demokrasi Hungaria dalam 12 tahun terakhir tidak melemah, tetapi menguat," katanya.

Kontes itu diperkirakan akan menjadi yang paling dekat demokrasi sejak Orban mengambil alih kekuasaan pada 2010. Sebanyak enam partai oposisi utama Hongaria membentuk front persatuan melawan Fidesz. Para pemilih memilih anggota parlemen untuk 199 kursi negara itu.

Partai-partai oposisi dan pengamat internasional telah mencatat hambatan struktural untuk mengalahkan Orban. Mereka menyoroti bias pro-pemerintah yang meluas di media publik, dominasi pemberitaan komersial oleh sekutu Orban, dan peta pemilihan yang sangat dipermainkan.

Sunting Zgut, seorang ilmuwan politik di Akademi Ilmu Pengetahuan Polandia di Warsawa, meramalkan bahwa kemenangan yang jelas bagi Orban akan memungkinkannya untuk bergerak lebih jauh ke arah otokratis, mengesampingkan para pembangkang dan menangkap area ekonomi baru.

"Hongaria tampaknya telah mencapai titik tidak bisa kembali. Pelajaran utamanya adalah bahwa lapangan bermain sangat miring sehingga hampir tidak mungkin untuk menggantikan Fidesz dalam pemilihan."

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement