Selasa 12 Apr 2022 06:49 WIB

Ilmuwan Lihat Keanehan Suhu di Planet Neptunus yang Berubah Secara tak Terduga

Suhu di Neptunus yang seharusnya menghangat malah menjadi lebih dingin.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Dwi Murdaningsih
Lingkaran seperti cincin yang mengitari planet Neptunus
Lingkaran seperti cincin yang mengitari planet Neptunus

REPUBLIKA.CO.ID, LEICESTER -- Analisis perubahan suhu di planet Neptunus mengungkapkan sesuatu yang agak aneh terjadi di planet terjauh di Tata Surya kita. Neptunus, yang mengorbit Matahari sekitar 30 kali jarak Bumi, membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mengelilingi bintang, yakni sekitar 165 tahun Bumi.

Itu berarti setiap musim di neptunus berlangsung selama lebih dari 40 tahun Bumi. Saat ini, belahan bumi selatan Neptunus berada di tengah-tengah musim panas epik selama empat dekade. Namun,  untuk alasan yang tidak dapat dijelaskan sepenuhnya oleh para ilmuwan, suhu belum benar-benar memanas, setidaknya tidak secara bertahap.

Baca Juga

Sebuah studi baru yang mengumpulkan pengamatan suhu Neptunus selama 17 tahun malah menunjukkan sebaliknya. Ada pembacaan yang menunjukkan penurunan rata-rata global sekitar delapan derajat celcius antara tahun 2003 dan 2018, sebagaimana dibuktikan oleh penurunan signifikan dalam radiasi atmosfer dari tahun 2003.

“Perubahan ini tidak terduga,” kata ilmuwan planet Michael Roman dari University of Leicester di Inggris, dilansir dari Sciencealert, Selasa (12/4/2022).

“Karena kami telah mengamati Neptunus selama awal musim panas selatan, kami memperkirakan suhu perlahan-lahan tumbuh lebih hangat, bukan lebih dingin,” ujarnya.

Mengumpulkan data suhu atmosfer yang dapat diandalkan untuk Neptunus bukanlah pekerjaan mudah mengingat seberapa jauh planet dingin ini terletak dari Bumi. Pembacaan itu bisa dilakukan dengan munculnya pengukuran inframerah sensitif pada teleskop ruang angkasa yang lebih baru.

Salah satunya adalah VISIR (VLT Imager and Spectrometer for mid-Infrared) yang dipasang pada Very Large Telescope (VLT) milik European Southern Observatory. Instrumen ini dapat menyimpulkan suhu berdasarkan tingkat emisi cahaya inframerah.

Untuk mempelajari radiasi inframerah Neptunus, Roman dan timnya menganalisis hampir 100 pengamatan termal planet ini, banyak yang ditangkap oleh VISIR. Namun, data tersebut juga termasuk data dari Teleskop Luar Angkasa Spitzer NASA, dan banyak teleskop berbasis darat di Chile dan Hawaii.

 

Hasilnya-mewakili kompilasi terbesar dari pencitraan Neptunus berbasis darat yang tersedia saat ini dalam spektrum mid-inframerah- menunjukkan bahwa suhu di stratosfer Neptunus mendingin (meskipun musim panas) selama sebagian besar periode penelitian, meskipun ledakan emisi yang terlambat antara 2018 dan 2020 menunjukkan atmosfer kemudian dengan cepat menghangat sekitar 11 derajat celcius dalam waktu hanya dua tahun.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement