Rabu 13 Apr 2022 05:35 WIB

Zamzam, Keajaiban yang Abadi

Sumur Zamzam pertama kali menyembur keluar sekitar 4.500 tahun yang lalu.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Ani Nursalikah
Infografis Mukjizat Sumur Zamzam. Zamzam, Keajaiban yang Abadi
Foto:

Zamzam menenangkan dan menyegarkan serta memberi perasaan puas bagi yang meminumnya. Penulis Fi Rihab Al Bait Al Haram mengutip Minawi yang mengatakan: Air Zamzam memenuhi kebutuhan dan tujuan diminumnya.

Nabi Muhammad SAW mendorong umatnya untuk minum Zamzam dalam jumlah banyak karena memenuhi kebutuhan dan tujuan meminumnya. Jika kamu meminumnya dengan niat untuk sembuh dari hawa nafsu, maka kamu akan sembuh dengan izin Allah.

Jika Anda meminumnya untuk dilindungi dari bisikan kejahatan, Allah akan melindungi Anda. Jika Anda meminumnya hingga merasa kenyang, Allah akan membuat Anda merasa kenyang dan puas. 

Dikenal dengan varian seperti Shabbaa, Shifa Sagham dan Sughya Ismail, air Zamzam diberikan kepada orang sakit dan sekarat mengingat keterikatan spiritual yang diberikan Muslim padanya. Ada aturan tertentu yang harus diikuti untuk minum air ajaib ini. Disarankan agar airnya diteguk tiga tegukan dulu, lalu diminum sepuasnya. Seseorang harus menghadap Ka'bah dan setelah minum, seseorang harus bersyukur kepada Allah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement