Senin 09 May 2022 14:58 WIB

Nketiah Ajukan Syarat Sebelum Terima Tawaran Kontrak Baru dari Arsenal

Kontrak Nketiah di Arsenal akan habis pada 30 Juni 2022.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Israr Itah
Eddie Nketiah dari Arsenal.
Foto: EPA-EFE/Facundo Arrizabalaga
Eddie Nketiah dari Arsenal.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Arsenal terancam kehilangan penyerang muda asal Inggris, Eddie Nketiah, dengan status free transfer pada akhir musim ini. Padahal, pemain berusia 22 tahun itu tengah menunjukkan peningkatan performa dengan torehan empat gol dalam empat laga terakhir. 

Setelah menyumbang dua gol kala the Gunners membungkam Chelsea 4-2 pertengahan bulan lalu, Nketiah sukses memborong dua gol kala Arsenal menghadapi Leeds United pada pekan ke-36 Liga Primer Inggris, Ahad (8/5/2022) malam WIB. Dua gol Nketiah itu pun memastikan kemenangan The Gunners 2-1 dalam laga di Stadion Emirates tersebut. 

Baca Juga

Kemenangan ini juga memiliki arti krusial buat upaya tim besutan Mikel Arteta itu untuk bisa finis di empat besar Liga Primer Inggris. Tambahan tiga poin di laga ini membawa Arsenal memantapkan posisi di peringkat keempat dan menjauh dari kejaran Tottenham Hotspur dengan keunggulan empat poin. 

Performa apik Nketiah dalam dua laga tersebut itu kemudian berimbas pada kabar kelanjutan kiprah jebolan akademi Chelsea itu bersama the Gunners. Maklum, kontrak Nketiah di Emirates akan habis pada 30 Juni 2022 atau seiring dengan berakhirnya kompetisi musim ini. Namun, hingga kini, belum ada sinyal positif terkait perpanjangan kontrak Nketiah tersebut. 

Arsenal sempat dilaporkan telah menawarkan perpanjangan kontrak hingga 2026 kepada Nketiah. Namun, alumnus tim junior Arsenal itu terus menolak tawaran perpanjangan kontrak tersebut. Nketiah mengajukan sejumlah syarat, termasuk soal jaminan tampil secara reguler, sebelum menandatangani kontrak baru bersama Arsenal. 

"Nketiah baru mau menandatangani kontrak anyar bersama Arsenal apabila telah mendapatkan jaminan dari pelatih Mikel Arteta terkait posisi di tim inti Arsenal pada musim depan," tulis laporan ESPN, Senin (9/5/2022).

Nketiah sebenarnya bukan wajah asing dalam skuad utama Arsenal. Penggawa timnas Inggris U-21 itu sudah menghuni tim utama Arsenal sejak musim 2017/2018. Namun, Nketiah jarang mendapatkan kesempatan tampil lantaran gagal bersaing dengan Pierre-Emerick Aubameyang dan Alexandre Lacazette. Alhasil, Nketiah sempat dipinjamkan ke Leeds United pada musim 2019/2020. 

Setelah membantu The Whites promosi ke Liga Primer Inggris pada akhir musim, Nketiah kembali ke London. Kendati begitu, Nketiah masih berstatus sebagai pemain pelapis dan hanya tampil di 29 laga di semua ajang. 

Kondisi tidak jauh berbeda dialami Nketiah pada musim ini. Pemain yang dikabarkan diminati Crystal Palace itu baru tampil dalam 29 laga di semua ajang. Namun, berbeda dibanding musim lalu saat hanya mampu mengemas enam gol, Nketiah sudah mengoleksi sembilan gol musim ini. 

Klasemen Premier League Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement