Thursday, 1 Zulhijjah 1443 / 30 June 2022

Thursday, 1 Zulhijjah 1443 / 30 June 2022

1 Zulhijjah 1443
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Polisi: Sumber Api Kebakaran Pasar Ciputat dari Tiang Listrik

Kamis 12 May 2022 06:56 WIB

Rep: Eva Rianti/ Red: Nur Aini

Kondisi Pasar Ciputat di Kota Tangerang Selatan (Tangsel) yang alami kebakaran, Rabu (11/5) sore.

Kondisi Pasar Ciputat di Kota Tangerang Selatan (Tangsel) yang alami kebakaran, Rabu (11/5) sore.

Foto: Republika/Eva Rianti
Sumber api kebakaran Pasar Ciputat dari tiang listrik yang mengalami korsleting.

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG SELATAN -- Polsek Ciputat Timur melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) di titik kebakaran Pasar Ciputat, Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Banten yang terjadi pada Rabu (11/5/2022) petang. Kesimpulan dari hasil olah TKP tersebut yakni sumber api berasal dari tiang listrik yang mengalami korsleting. 

"Sumber api dari tiang listrik. Nggak (dari lapak). Itu kan ada tiang listrik, kemudian stop kontak yang dibikin langsung ke listrik dari kabel, nyolong listrik lah bahasanya, nggak tahu siapa yang bikin aliran di situ jadi banyak kabel," tutur Kapolsek Ciputat Timur Kompol Yulianto saat dihubungi, Kamis (12/5/2022). 

Baca Juga

Yulianto menuturkan, kondisi tiang listrik yang menjadi sumber api muncul dalam kebakaran tersebut dicolok banyak kabel. Sehingga, beban listrik menumpuk dan menimbulkan energi panas, hingga muncul percikan api hingga akhirnya api merembet dan menghanguskan seratusan lapak pedagang di TKP. 

"Satu tiang itu kabel kemana-mana, biasanya kalau pasar tuh listriknya kan kemana-mana. Kabelnya kabel kecil lagi, bukan standar PLN," ujarnya. 

Yulianto menegaskan, berdasarkan olah TKP yang dilakukan bisa disimpulkan penyebab dari kebakaran Pasar Ciputat yang berlokasi di Jalan Haji Usman RT/ RW 01/01, Kelurahan Cipayung, Kecamatan Ciputat, Tangsel itu lantaran arus pendek atau korsleting listrik. "Kesimpulannya korsleting listrik karena memang bebannya nggak kuat," ujarnya.

Kebakaran Pasar Ciputat terjadi pada Rabu (12/5/2022) sekira pukul 16.15 WIB. Sebanyak 19 unit pemadam kebakaran dikerahkan untuk memadamkan api yang berhasil dipadamlan selama dua jam. Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Tangsel mencatat ada 100 lapak pedagang serta 10 rumah warga yang hangus akibat kebakaran tersebut.  

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
hide ads show ads
desktop mobile