Selasa 24 May 2022 13:18 WIB

Derrick Michael Mengaku Masih Suka Emosi

Derrick menilai kehadiran Marques Bolden sangat membantu Indonesia kalahkan Filipina..

Rep: Fitriyanto/ Red: Israr Itah
...
Foto: ANTARA/Fauzi Saputra
Pebasket Indonesia Derrick Michael menembakkan bola ke arah basket Tim Filipina dalam laga final bola basket SEA Games 2021 Vietnam di Thanh Tri District Sporting Hall, Hanoi, Vietnam, Ahad (22/5/2022). Indonesia mengalahkan Filipina dengan skor 85-81 sehingga memastikan diri menjadi peraih medali emas dan sekaligus merupakan pertama dalam sejarah keikutsertaan Tim Basket Indonesia di SEA Games.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Derick Michael bisa dibilang tampil di luar ekspektasi pada SEA Games 2021 Vietnam. Membuat debutnya bersama timnas pada ajang multi event terbesar di Asia Tenggara, Derrick memberikan kontribusi yang sangat baik.

Kepada awak media, Selasa (24/5/2022), Derick mengaku masih harus memperbaiki diri salah satunya emosional. "Saya harus mengurangi emosi, terlebih karena saya masih sering melakukan trash talk ketika bermain di lapangan," jelasnya.

Baca Juga

Selama dua tahun berlatih di Australia dan Amerika, Derick berkembang pesat baik teknik maupun IQ bermain basketnya. Menurutnya ini berkat latihan dan juga melawan pemain level tinggi.

"Latihan di sana sama, capek juga. Namun di sana memang level mainnya lebih tinggi dan IQ mereka lebih bagus. Di sana, khususnya Australia, lebih baik dari segi pelatihan," jelasnya.

Derrick mengungkapkan salah satu kunci menang lawan Filipina di final adalah ketenangan. Para pemain timnas basket putra, kata Derrick, lebih tenang sehingga berhasil membawa perubahan.

Namun dia juga menyatakan sempat tegang. "Tegang banget saat melawan Filipina terlebih skornya juga kejar-kejaran terus. Kehadiran Bolden berpengaruh banget karena bisa melawan big man Filipina, dia bisa mengatasinya dan satu alasan kami bisa merebut medali emas," ungkap Derrick mengenai kehadiran Bolden di timnas. 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement