Rabu 08 Jun 2022 00:27 WIB

Tips Membangun Citra Diri di Media Sosial

Ada tujuh hal yang perlu diperhatikan saat ingin membangun citra diri di media sosial

Rep: Antara/ Red: Christiyaningsih
Ada tujuh hal yang perlu diperhatikan saat ingin membangun citra diri di media sosial. (ilustrasi)
Foto: Alexander Shatov Unsplash
Ada tujuh hal yang perlu diperhatikan saat ingin membangun citra diri di media sosial. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Membangun citra diri di media sosial, menurut pakar komunikasi, tidak melulu dilakukan oleh orang terkenal. Akan tetapi, membangun citra diri juga dilakukan oleh setiap pengguna media sosial.

"Sebagai individu, kita bisa membangun branding atau penokohan," kata Ketua Program Studi Komunikasi Universitas Sahid, Hayu Lusianawati, dalam webinar "Ngobrol Bareng Legislator - Jangan Asal Curhat di Media Sosial", Selasa (7/6/2022).

Baca Juga

Membangun citra diri bisa menggambarkan seperti apa seseorang ingin dikenal sebagai seorang pengguna media sosial dan konten apa yang akan dibagikan. Misalnya, jika suka memasak, maka bisa mengunggah konten yang berkaitan dengan menu masakan. Menurut Hayu, ada tujuh hal yang perlu diperhatikan ketika ingin membangun citra diri di media sosial.

Hal yang paling awal bisa dilakukan, pertama dan kedua, dengan memperkenalkan diri dan mengunggah kegiatan sesuai dengan kesukaan. Agar tidak monoton, buat variasi unggahan di media sosial. Misalnya jika suka memasak, setelah mengunggah konten tentang cara memasak, keesokan hari bisa mengunggah aktivitas yang sedang dilakukan.

Hayu mengingatkan konten yang diunggah semestinya adalah sesuatu yang nyata, yang memang dilakukan. Ini adalah penting untuk membangun kredibilitas. Ketiga, menurut Hayu, media sosial bisa digunakan untuk membangun jejaring. "Saat ini zaman kolaborasi," kata Hayu.

Keempat, pengguna harus memahami popularitas dalam jaringan, misalnya hal apa yang sedang sering dibahas. Dalam hal ini, pengguna harus berhati-hati supaya tidak terjebak aktivitas yang tidak perlu sampai mengeluarkan kata-kata yang negatif di media sosial.

Ketika menyikapi hal yang sedang viral, penting juga untuk mengedepankan empati. Contohnya, tidak menuduh berbohong pada unggahan yang memuat musibah. Kelima, pengguna sebaiknya beradaptasi dengan interaksi di media sosial. Misalnya, balas komentar atau ucapkan terima kasih pada teman yang menyukai unggahan.

Keenam, media sosial sejatinya adalah ruang untuk berteman di dunia maya. Maka, upayakan memberikan dukungan dan ujaran yang positif kepada teman-teman di media sosial. Terakhir, evaluasi terhadap unggahan di akun media sosial, termasuk juga membaca lagi apakah unggahan sudah sesuai dengan apa yang ingin disampaikan.

Dalam acara yang sama, penasihat Forum Akademisi Indonesia Aat Surya Safaat menyatakan ada enam hal yang sebaiknya tidak dilakukan di media sosial. Enam hal tersebut adalah tidak boleh menyudutkan orang lain, tidak boleh menyinggung perasaan orang lain, tidak boleh mengadu domba, tidak boleh memprovokasi, tidak boleh mengambinghitamkan orang lain, dan sebaiknya tidak membuat unggahan ketika sedang marah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement