Jumat 10 Jun 2022 15:27 WIB

Wabah Meningitis Tewaskan 65 Orang di Nigeria Utara

Sekitar 280 kasus yang dikonfirmasi dilaporkan di negara bagian Jigawa sejak Mei

Red: Nur Aini
Sedikitnya 65 orang tewas di negara bagian Jigawa, Nigeria utara akibat wabah meningitis.
Sedikitnya 65 orang tewas di negara bagian Jigawa, Nigeria utara akibat wabah meningitis.

REPUBLIKA.CO.ID, ABUJA -- Sedikitnya 65 orang tewas di negara bagian Jigawa, Nigeria utara akibat wabah meningitis.

Malam Samaila Mahmud, kepala ahli epidemiologi di Kementerian Kesehatan Jigawa, menyampaikan sekitar 280 kasus penyakit telah dilaporkan di negara bagian itu sejak awal Mei. Mahmud mengatakan banyak orang kehilangan indra pendengaran karena wabah di seluruh negara bagian.

Baca Juga

Mengatakan bahwa upaya telah diluncurkan untuk mengendalikan wabah, dia meminta orang-orang untuk segera pergi ke rumah sakit jika mengalami sakit leher dan sakit kepala. Meningitis adalah infeksi serius dan tantangan kesehatan bagi masyarakat. Infeksi ini ditularkan di antara orang-orang melalui tetesan pernapasan atau sekresi tenggorokan dari orang yang terinfeksi.

Kontak dekat dan berkepanjangan atau tinggal dalam jarak dekat dengan orang yang terinfeksi memungkinkan penyebaran penyakit.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
مَآ اَفَاۤءَ اللّٰهُ عَلٰى رَسُوْلِهٖ مِنْ اَهْلِ الْقُرٰى فَلِلّٰهِ وَلِلرَّسُوْلِ وَلِذِى الْقُرْبٰى وَالْيَتٰمٰى وَالْمَسٰكِيْنِ وَابْنِ السَّبِيْلِۙ كَيْ لَا يَكُوْنَ دُوْلَةً ۢ بَيْنَ الْاَغْنِيَاۤءِ مِنْكُمْۗ وَمَآ اٰتٰىكُمُ الرَّسُوْلُ فَخُذُوْهُ وَمَا نَهٰىكُمْ عَنْهُ فَانْتَهُوْاۚ وَاتَّقُوا اللّٰهَ ۗاِنَّ اللّٰهَ شَدِيْدُ الْعِقَابِۘ
Harta rampasan (fai') dari mereka yang diberikan Allah kepada Rasul-Nya (yang berasal) dari penduduk beberapa negeri, adalah untuk Allah, Rasul, kerabat (Rasul), anak-anak yatim, orang-orang miskin dan untuk orang-orang yang dalam perjalanan, agar harta itu jangan hanya beredar di antara orang-orang kaya saja di antara kamu. Apa yang diberikan Rasul kepadamu maka terimalah. Dan apa yang dilarangnya bagimu maka tinggalkanlah. Dan bertakwalah kepada Allah. Sungguh, Allah sangat keras hukuman-Nya.

(QS. Al-Hasyr ayat 7)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement