Rabu 15 Jun 2022 08:53 WIB

Disebut Bakal Jadi Mendag, Ini Tanggapan Zulkifli Hasan

Jokowi dikabarkan akan menunjuk Ketum PAN Zulkifli Hasan menjadi Menteri Perdagangan.

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Andi Nur Aminah
Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan
Foto: REPUBLIKA/ABDAN SYAKURA
Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) dikabarkan akan melakukan reshuffle jajaran menteri kabinetnya pada Rabu (15/6/2022) siang ini. Sumber pemerintah menyebutkan, ada dua menteri yang akan terkena perombakan kabinet kali ini, yakni Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi dan Menteri ATR/Kepala BPN Sofyan Djalil.

Jokowi dikabarkan akan menunjuk Ketum PAN Zulkifli Hasan untuk menggantikan Muhammad Lutfi sebagai Menteri Perdagangan. Sementara mantan Panglima TNI Hadi Tjahjanto akan menggantikan Menteri ATR/Kepala BPN Sofyan Djalil.

Baca Juga

Saat dikonfirmasi ke Ketum PAN Zulkifli Hasan apakah telah menerima undangan pelantikan menteri di Istana siang hari ini, ia hanya meminta untuk menunggu. "Kita tunggu nanti siang," jawab Zulkifli singkat kepada Republika.co.id.

Namun saat kembali ditanya apakah akan menggantikan posisi Menteri Perdagangan di kabinet, Zulkifli belum memberikan tanggapannya hingga berita ini diturunkan.

Reshuffle juga akan dilakukan terhadap wakil menteri. Nama mantan Wakil Sekretaris Tim Pemenangan Jokowi-Ma’ruf yang juga Sekretaris Dewan Pembina Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Raja Juli Antoni pun disebut-sebut juga akan masuk ke dalam jajaran kabinet. Menurut sumber pemerintah, juga masih terdapat dua posisi wakil menteri lainnya yang akan diisi.

Sebelumnya, pada Selasa (14/6/2022) petang kemarin, Presiden Jokowi memanggil sejumlah menteri dan beberapa tokoh lainnya. Di antaranya yakni Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi, Menteri ATR/Kepala BPN Sofyan Djalil, dan Wamen ATR/BPN Surya Tjandra.

Selain itu, mantan Panglima TNI Hadi Tjahjanto, mantan Wakil Sekretaris Tim Pemenangan Jokowi-Ma’ruf dan Sekretaris Dewan Pembina Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Raja Juli Antoni, dan Ketum PAN Zulkifli Hasan juga tampak merapat ke Istana.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement