Jumat 17 Jun 2022 12:12 WIB

Menlu Retno Tegaskan Toleransi pada Pertemuan ASEAN-India

Menlu Retno menggarisbawahi pentingnya toleransi dalam masyarakat multikultural

Red: Esthi Maharani
Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi (kanan) berjabat tangan dengan Menteri Luar Negeri India Sushma Swaraj (kiri). Menlu Retno menggarisbawahi pentingnya toleransi dalam masyarakat multikultural saat ini
Foto: Antara/Akbar Nugroho Gumay
Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi (kanan) berjabat tangan dengan Menteri Luar Negeri India Sushma Swaraj (kiri). Menlu Retno menggarisbawahi pentingnya toleransi dalam masyarakat multikultural saat ini

REPUBLIKA.CO.ID, NEW DELHI - Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno Marsudi menghadiri Pertemuan Khusus Menteri Luar Negeri ASEAN-India (SAIFMM) pada Kamis (16/6/2022) di New Delhi, India. Pertemuan tersebut dihadiri 10 Menlu negara ASEAN yang juga sekaligus memperingati 30 tahun kemitraan ASEAN dan India.

"Pada Pertemuan Menteri Luar Negeri Khusus ASEAN – India #SAIFMM di New Delhi (16/6/2022) menggarisbawahi pentingnya toleransi dalam masyarakat multikultural saat ini," kata Retno melalui Twitter resminya.

Menlu Retno juga menyinggung menyoal situasi dunia yang memiliki dampak besar bagi kawasan. Ia pun mengusulkan formula kerja sama di sejumlah bidang antara ASEAN dan India.

"Menanggapi dinamika global dan dampaknya terhadap kawasan, #ASEANIndia mengusulkan untuk menjalin kerja sama yang lebih kuat di bidang kesehatan, ketahanan pangan, serta perdamaian dan stabilitas regional," lanjutnya.

India menjadi tuan rumah SAIFMM yang diketuai oleh Menlu India Jaishankar dan Menlu Singapura Vivian Balakrishnan. Selain Retno, Menlu dari Brunei, Kamboja, Malaysia, Vietnam dan perwakilan Menlu dari Laos, Filipina, dan Thailand beserta Sekjen ASEAN menghadiri pertemuan tersebut.

Para Menteri meninjau status kemitraan ASEAN-India untuk menetapkan jalan kedepannya terlebih memasuki dunia pasca pandemi. Diskusi para menlu mencakup area fokus utama Covid-19, kesehatan, perdagangan, konektivitas digital, penddukan dan implementasi ASEAN-India tentang Kerjasama tentang Outlook ASEAN tentang Indo-Pasifik ( AOIP).

"Para Menteri juga bertukar pandangan tentang perkembangan penting regional dan internasional serta pemulihan ekonomi pasca pandemi. Rapat dengan suara bulat menyetujui Pernyataan Wakil Ketua. Para Menlu ASEAN dan Sekjen ASEAN juga mengunjungi Perdana Menteri, Shri Narendra Modi," tulis pernyataan dari Kementerian Luar Negeri India.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement