Senin 20 Jun 2022 13:16 WIB

PDIP Gelar Rakernas II Besok

Presiden Jokowi akan meberikan sambutan dalam rakernas PDIP.

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Agus Yulianto
Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Hasto Kristiyanto saat jeda rapat koordinasi kepala daerah PDIP, Kamis (16/6).
Foto: Republika/Nawir Arsyad Akbar
Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Hasto Kristiyanto saat jeda rapat koordinasi kepala daerah PDIP, Kamis (16/6).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan akan memulai Rapat Kerja Nasional (Rakernas) II tahun 2021 di Sekolah Partai, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Selasa (21/6). Rakernas yang digelar hingga Kamis (23/6/2022) itu dijadwalkan akan dibuka langsung oleh Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. 

"Acara Rakernas ini akan dibuka oleh Ketua Umum PDI Perjuangan, Ibu Prof Dr (HC) Megawati Soekarnoputri. Presiden Joko Widodo dijadwalkan memberi sambutan di Rakernas," kata Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto, dalam keterangan tertulisnya, Senin (20/6/2022).

Hasto mengungkapkan, Rakernas PDIP II kali ini mengangkat tema 'Desa Kuat, Indonesia Maju dan Berdaulat'. Adapun sub tema yang diusung yaitu 'Desa Taman Sari Kemajuan Nusantara'.

Baca juga : Hasto: Megawati Ingatkan Kader PDIP Agar Disiplin dalam Berpolitik

Hasto menuturkan, Megawati pernah mengungkapkan bahwa Indonesia memiliki kepentingan yang besar untuk memastikan pembangunan desa. Bahwa pembangunan Indonesia ke depan, dimulai dari desa.

Hasto menambahkan, bagi PDIP, desa adalah ujung tombak pemerintahan, yang berada di garda terdepan pelayanan publik, sekaligus tempat hidup tradisi dan adat istiadat.

"Desa adalah taman sari kearifan lokal nusantara. Itulah sumber kebudayaan dan kepribadian bangsa. Membangun Indonesia harus dimulai dari desa dengan program pembangunan di segala bidang kehidupan, berbasis pada hasil riset nasional. Sehingga ke depan harus ada optimalisasi peran peneliti dan perekayasa di kampus-kampus yang mengolah sumber daya di desa,” urai Hasto.

Baca juga : Puan: Belum Ada Pembicaraan Soal Capres

Melalui tema tersebut PDIP ingin memperjuangkan perbaikan kehidupan rakyat melalui keputusan-keputusan politik yang jelas. Sehingga membangun Indonesia dari desa benar-benar terwujud. "Desa kuat, Indonesia maju dan berdaulat," ucapnya.

Secara kepartaian, lanjut Hasto, Rakernas dilaksanakan berdasarkan amanat Kongres V Partai yang dilaksanakan pada tanggal 8-11 Agustus 2019, dan instruksi ketua Umum Partai. Konsolidasi Partai dilaksanakan melalui Program 5 Mantap. Yakni Mantap Ideologi; Mantap Organisasi; Mantap Kader; Mantap Program dan Mantap Sumber Daya.

"Rakernas Partai dilakukan untuk melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan konsolidasi Partai, mendengarkan laporan dari badan-badan partai dan alat kelengkapan Partai, serta untuk menyusun program pemenangan Pemilu legislatif dan pemilu Presiden pada tahun 2024," jelasnya. 

Baca juga : Ganjar dan Bambang Pacul Salam Komando di Rakernas PDIP

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement