Selasa 21 Jun 2022 22:42 WIB

Bertemu Jokowi, Dirjen WHO Apresiasi Capaian Indonesia Atasi Covid-19

Dirjen WHO mengapresiasi capaian Indonesia dalam mengatasi pandemi Covid-19.

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Gita Amanda
Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima kunjungan kehormatan Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Tedros Adhanom Ghebreyesus di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (21/6/2022). (ilustrasi)
Foto: EPA-EFE/APEC CEO
Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima kunjungan kehormatan Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Tedros Adhanom Ghebreyesus di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (21/6/2022). (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima kunjungan kehormatan Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Tedros Adhanom Ghebreyesus di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (21/6/2022) siang ini. Menurut Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, dalam pertemuan ini, Dirjen WHO mengapresiasi capaian Indonesia dalam mengatasi pandemi Covid-19.

“Dirjen WHO juga menyampaikan ucapan selamat apresiasi terhadap capaian Indonesia di dalam mengatasi atau mengelola Covid-19,” kata Menlu dalam keterangannya usai mendampingi Presiden dalam pertemuan ini, yang disiarkan melalui kanal Youtube Sekretariat Presiden.

Baca Juga

Selain itu, Presiden dan Dirjen WHO juga membahas terkait vaksinasi Covid-19. Dirjen WHO menilai, capaian vaksinasi di Indonesia merupakan salah satu yang terbaik jika dibandingkan dengan capaian rata-rata di negara-negara lainnya.

“Beliau menyatakan bahwa Indonesia adalah salah satu dari best achievement kalau diperbandingkan dengan rata-rata achievement yang dicapai oleh negara-negara di dunia,” kata dia.

Kepada Presiden Jokowi, Dirjen WHO juga menyampaikan bahwa pandemi Covid-19 masih belum berakhir meskipun situasi kasus di dunia sudah mulai mendatar. WHO pun masih terus memantau munculnya varian-varian baru.

Selain itu, Dirjen WHO juga menilai sistem kesehatan utama dan asuransi kesehatan wajib di Indonesia telah berjalan dengan baik. Dalam pertemuan ini, Dirjen WHO turut mengapresiasi kepemimpinan Indonesia di G20.

Selain Menlu Retno Marsudi, Presiden Jokowi juga didampingi oleh Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dalam pertemuan ini. Sementara, Dirjen WHO didampingi oleh Pj. Perwakilan WHO untuk Indonesia Shalala Ahmadova.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement