Friday, 14 Muharram 1444 / 12 August 2022

Friday, 14 Muharram 1444 / 12 August 2022

14 Muharram 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Protein Whey Ternyata Bisa Bantu Turunkan Kadar Kolesterol

Jumat 24 Jun 2022 07:51 WIB

Rep: Desy Susilawati/ Red: Nora Azizah

Protein Whey bisa menurunkan kolesterol secara total hingga tekanan darah (Foto: ilustrasi)

Protein Whey bisa menurunkan kolesterol secara total hingga tekanan darah (Foto: ilustrasi)

Foto: www.pxhere.com
Protein Whey bisa menurunkan kolesterol secara total hingga tekanan darah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kolesterol adalah zat seperti lemak yang dibutuhkan tubuh untuk membangun sel-sel yang sehat. Namun, ketika Anda memiliki terlalu banyak kolesterol dalam tubuh, hal ini dapat menyebabkan penumpukan zat ini di lapisan arteri dan pembuluh darah.

Penumpukan kolesterol bisa menyebabkan kondisi yang dikenal sebagai aterosklerosis, yakni di mana penumpukan menyebabkan arteri mengencang dan menyempit, membatasi aliran darah. Orang yang mengalami aterosklerosis akibat kolesterol tinggi cenderung juga mengalami tekanan darah tinggi karena tubuh harus bekerja keras untuk memompa darah melalui arteri yang terkena.

Baca Juga

Hal ini dapat menimbulkan masalah besar karena memiliki kolesterol tinggi seringkali tidak menunjukkan gejala. 

"Meskipun 12 persen dari populasi AS memiliki kolesterol tinggi, kebanyakan orang tidak tahu bahwa mereka memiliki masalah," jelas Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) seperti dilansir dari laman BestLife Online, Jumat (24/6/2022).

Memiliki kolesterol tinggi dan tekanan darah tinggi dapat menyebabkan berbagai komplikasi kesehatan jantung. "Beberapa yang paling umum termasuk serangan jantung, stroke, aneurisma, atau pembekuan darah," para ahli dari Johns Hopkins Medicine memperingatkan.

Kabar baiknya adalah mengurangi kolesterol low-density lipoprotein (LDL) atau kolesterol jahat Anda, dapat memberikan dampak yang sangat positif bagi kesehatan jantung Anda. "Sudah terbukti menurunkan kolesterol LDL, kadang-kadang terlepas dari apakah Anda memiliki kolesterol tinggi atau tidak, meningkatkan hasil kardiovaskular," tulis para ahli dari Harvard Health Publishing.

Perubahan gaya hidup dapat menurunkan jumlah kolesterol sekitar 5 persen hingga 10 persen, sedangkan obat penurun kolesterol dapat menurunkan kolesterol LDL hingga 50 persen atau lebih. Sementara diet sehat, olahraga teratur, dan obat penurun kolesterol adalah intervensi yang terkenal bagi mereka yang memiliki kolesterol tinggi, ada satu yang sering diabaikan, suplemen protein whey. Menurut Mayo Clinic, produk khusus ini berguna untuk menurunkan kolesterol jahat dan tekanan darah tinggi Anda.

"Protein whey yang ditemukan dalam produk susu, dapat menjelaskan banyak manfaat kesehatan yang dikaitkan dengan susu," tulis Mayo Clinic di situsnya.

Penelitian telah menunjukkan protein whey yang diberikan sebagai suplemen menurunkan LDL dan kolesterol total serta tekanan darah. Anda dapat menemukan bubuk protein whey di toko makanan kesehatan dan beberapa toko bahan makanan," jelas para ahli.

Selain meningkatkan kesehatan jantung dengan menurunkan kolesterol dan tekanan darah , protein whey bermanfaat bagi tubuh dengan cara lain. Sumber protein tanpa lemak berkualitas tinggi, sangat bagus untuk mencegah hilangnya otot terkait usia, mengelola gula darah, mengurangi peradangan, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Ahli Diet dan Pendidik Diabetes Bersertifikat di Den of Fitness, Elliott Torsney, RDN, menjelaskan protein whey yang diberi makan rumput mengandung semua asam amino esensial terpenting dengan sedikit lemak jenuh. Dia menambahkan bagi mereka yang alergi terhadap whey, mengisolasi atau hidrolisat mungkin menjadi pilihan yang lebih baik.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
hide ads show ads
desktop mobile