Saturday, 15 Muharram 1444 / 13 August 2022

Saturday, 15 Muharram 1444 / 13 August 2022

15 Muharram 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Panduan Penempatan Smart CCTV untuk Area Pabrik

Rabu 06 Jul 2022 01:07 WIB

Red: Gita Amanda

Pabrik menjadi area yang paling membutuhkan smart CCTV.

Pabrik menjadi area yang paling membutuhkan smart CCTV.

Foto: Freepik.com
Pabrik menjadi area yang paling membutuhkan smart CCTV sebab banyak mesin mahal.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pabrik menjadi area yang paling membutuhkan smart CCTV. Banyak area yang menjadi tempat keluar masuknya orang. Selain itu banyak mesin dengan harga mahal yang keamanannya harus dijaga.

Demi keamanan lebih terjamin, pemasangan smart CCTV harus dilakukan dengan tepat. Begitu juga dengan pemilihan produk yang berkualitas. Supaya tidak salah memasang dan membeli produk, Anda bisa menyimak penjelasan di sini.

Fungsi memasang smart CCTV dengan tepat di pabrik

Sebelum mengetahui bagaimana penempatan smart CCTV camera dengan benar, penting bagi Anda memahami fungsi dalam memasangnya. Mengetahui fungsi ini memudahkan Anda untuk tahu titik mana saja pemasangan yang tepat.

Fungsi yang pertama adalah untuk menjaga keamanan pabrik dari tindakan kejahatan. Misalnya saja ketika terdapat orang asing yang berniat merusak mesin dan melakukan pencurian.

Tidak hanya kejahatan secara eksternal, smart CCTV juga bisa memantau kejahatan internal. Misalnya saja seorang karyawan yang melakukan pencurian barang di pabrik serta tindak kejahatan lainnya.

Ketika tindak kejahatan ini sudah terjadi, hasil rekaman bisa dijadikan barang bukti. Pihak berwajib juga akan lebih mudah dalam mengecek rekaman, karena smart CCTV camera memiliki kualitas gambar yang lebih baik.

Fungsi yang kedua adalah untuk menjaga keamanan karyawan yang sedang bekerja. Pekerjaan menggunakan mesin memiliki risiko kecelakaan kerja yang cukup tinggi. Hal ini bisa dicegah dengan menggunakan smart CCTV.

Semua aktivitas pekerjaan dari karyawan pabrik akan langsung terpantau secara real time. Pada saat terjadi kecelakaan kerja, karyawan bisa mendapat pertolongan pertama dengan lebih cepat.

Berkat pemasangan CCTV, tingkat kecelakaan di pabrik pun bisa lebih ditekan. Anda juga bisa menciptakan standar operasional prosedur yang lebih baik berdasarkan pengalaman kecelakaan yang sudah terekam. Dua fungsi inilah yang akan berjalan dengan baik selama Anda memasang CCTV dengan benar.

Panduan dan cara menempatkan smart CCTV yang benar

Ada tiga orang yang akan mengakses CCTV secara rutin. Pertama adalah owner yang akan memantau kinerja karyawan setiap hari. Apalagi jika pemilik pabrik kerap bepergian dan tidak bisa datang langsung. Maka pemantauan secara online dari smartphone atau laptop diperlukan.

Kedua adalah pihak HRD yang akan memantau apakah terjadi kecurangan absensi yang dilakukan oleh karyawan dengan melihat jalur atau pintu masuknya karyawan. Ketiga yang paling penting adalah satpam atau petugas keamanan pabrik. Pemasangan CCTV akan meringankan pekerjaan untuk selalu berpatroli setiap saat.

Justru dengan memasang CCTV pengawasan yang lebih detail dibandingkan cara konvensional bisa diperoleh. Mengingat ada tiga orang yang menggunakan CCTV, maka setidaknya pemasangan smart CCTV camera pabrik adalah sebagai berikut:

1. Pemasangan Area Parkir

Penempatan paling penting pertama adalah parkir kendaraan. Area parkir adalah tempat yang kerap luput dari pengawasan. Padahal area ini menjadi tempat banyak kendaraan dengan harga yang tidak murah. Tidak adanya satpam khusus parkir pabrik membuat sasaran empuk bagi pencurian.

Oleh karena itulah pengawasan ini bisa dilakukan dengan menggunakan CCTV. Anda bisa memasangnya di pintu keluar dan masuk parkir kemudian di beberapa sudut dengan hasil tangkapan gambar yang cukup luas. Tindak pencurian pun bisa diminimalisir, mengingat pabrik kerap beroperasi sampai tengah malam.

2. Pemasangan Area Pintu Keluar dan Masuk Pabrik

Bagian lain yang tak kalah pentingnya adalah pintu keluar dan masuk utama. Pintu ini sering menjadi tempat karyawan untuk absen. Bagi HRD, CCTV pada area ini sangat penting untuk bisa mengetahui siapa saja karyawan yang kerap datang terlambat dan titip absen. Hasil rekaman bisa menjadi barang bukti pihak manajemen pabrik.

Tak hanya itu, pintu ini juga wajib diawasi jika terjadi kejahatan seperti pencurian oleh orang asing. Disinilah kamera CCTV berperan sangat penting dalam pengawasan pihak pabrik yang bertanggung jawab.

3. Pemasangan di Sekitar Area Produksi

Selanjutnya adalah ruang produksi dimana semua karyawan akan bekerja mengoperasikan mesin. Semua sudut di ruang produksi harus terlihat dengan jelas melalui CCTV sehingga jika terjadi kecelakaan Anda bisa mencegah atau mengatasi dengan cepat.

Pastikan bahwa pintu keluar masuk ruang produksi terlihat, setiap bagian mesin yang dioperasikan begitu juga dengan produk yang selesai dibuat. Biasanya akses untuk CCTV ruang produksi ini hanya dimiliki oleh owner karena terkait dengan kerahasiaan produksi pabrik.

4. Pemasangan Area Gudang

Semua gudang di pabrik juga harus diawasi oleh kamera CCTV, di tempat inilah semua hasil produksi disimpan. Produk yang siap untuk didistribusikan ini harus tetap diawasi. Khususnya pada bagian pintu keluar masuk gudang, Anda akan tahu siapa saja yang bertanggung jawab memasukan dan mengeluarkan barang.

Sedangkan bagian dalam gudang juga harus terlihat cukup jelas, dimana barang tersusun dengan baik. Anda bisa mendeteksi kerusakan barang juga melalui smart CCTV.

5. Pemasangan di Kantor Pabrik

Pada bagian kantor Anda juga harus memasang CCTV, karena disinilah banyak dokumen penting yang harus dijaga. Area kantor ini juga memudahkan owner untuk mengecek bagaimana kinerja karyawan di kantor.

Mengingat area kantor ini cukup banyak, maka Anda bisa memasang satu CCTV di setiap satu ruangan. Biasanya yang tidak akan dipasang CCTV adalah ruangan owner. Ruangan lain seperti ruang meeting, accounting, marketing, dan lainnya akan dipasang satu CCTV. Begitu juga dengan pintu masuk dan keluarnya.

Anda sudah tahu penempatan dari smart CCTV yang benar, sekarang penting untuk tahu bagaimana cara memasang yang tepat. Tujuannya supaya hasil rekaman mudah untuk dilihat dan mencakup area yang diperlukan.

Pertama, sebaiknya hindari mengarahkan kamera langsung ke arah cahaya secara berlawanan karena akan membuat gambar tidak sempurna akibat silau. Kedua, pilih kamera dengan fitur infra merah yang bisa merekam gambar secara bagi pada malam hari atau saat kekurangan cahaya.

Ketiga, jika Anda menggunakan jenis kamera CCTV dengan kabel sebaiknya pasang di area yang tidak terlalu jauh dari NVR. Sehingga hambatan pada video akan jauh berkurang. Bisa juga diakali dengan menggunakan jenis kabel data Cat6 dan PoE Injector di beberapa titik krusial.

Keempat, pastikan juga bahwa kamera memiliki pelindung sehingga terhindar dari kerusakan. Baik itu kerusakan karena disengaja manusia atau tidak. Menempatkan kamera CCTV secara tersembunyi juga bisa jadi trik yang tepat.

Rekomendasi smart CCTV terbaik untuk pengawasan area luar pabrik

Sekarang saatnya bagi Anda menentukan mana kamera pengawas terbaik untuk digunakan di pabrik. Rekomendasi paling berkualitas adalah adalah produk AcuSense dari Hikvision. Teknologi algoritma pembelajaran mendalam memungkinkannya untuk membedakan pergerakan objek yang artinya membuat keamanan lebih tinggi.

Anda sebagai pemilik pabrik pun bisa merasa nyaman karena tingkat keamanan sudah ditingkatkan. Pekerjaan staf keamanan pun menjadi lebih sempurna karena tanpa harus berkeliling, pemantauan bisa dilakukan 24/7.

Berikut ini beberapa kelebihan yang langsung akan Anda dapatkan jika menggunakan kamera dengan teknologi Hikvision AcuSense.

1. Mengenali Ancaman Kejahatan Lebih Cepat

Cara kerja dari Hikvision AcuSense adalah dengan algoritma AI visi mesin yang canggih. Teknologi ini memungkinkan untuk pendeteksian ancaman penyusupan dengan real time. Ancaman ini akan dikirim dalam bentuk sinyal langsung pada ponsel pengguna. Staf keamanan pabrik pun bisa memberikan respon yang sangat cepat.

Kehadiran kelebihan ini membuat tindakan pencegahan kejahatan pun bisa dilakukan dengan baik. Berbeda jika staf keamanan harus berpatroli setiap jam, ada celah waktu dan tempat yang bisa diamati oleh pelaku kejahatan. Selain itu tidak ada alarm yang bisa jadi penanda bahwa sedang terjadi penyusupan.

2. Pendeteksian yang Lebih Akurat

Kasus alarm palsu sering terjadi ketika kamera pengawas mendeteksi pergerakan yang ternyata merupakan hewan kecil atau benda mati yang tertiup angin. Kini Anda tidak perlu bermasalah lagi dengan alarm palsu, karena smart CCTV Hikvision AcuSense bisa membedakan mana pergerakan orang dan objek lain seperti kendaraan.

Adanya kecanggihan ini memudahkan staf keamanan untuk tahu mana ancaman yang nyata dan tidak. Ditambah lagi Hikvision AcuSense telah menggunakan model kamera kelas atas dengan teknologi ColorVu. Teknologi ini memungkinkan gambar yang terlihat berwarna lebih jelas dibandingkan pencitraan hitam putih.

3. Penggunaan yang Efektif dan Efisien

Usai terjadinya tindak kejahatan atau untuk mencari objek tertentu, pencarian manual sering dilakukan dan cukup memakan waktu. Anda tidak perlu berurusan lagi dengan pencarian manual ini, karena Hikvision AcuSense telah menerapkan label pada hasil rekamannya. Baik itu label orang dan kendaraan akan dibedakan.

Pelabelan yang berbeda ini memudahkan aktivitas pencarian dari hasil rekaman. Anda tidak perlu repot menghabiskan waktu untuk mencari tahu rekaman objek atau aktivitas yang diperlukan. Tentu saja hal ini akan berdampak pada minimnya biaya keamanan.

4. CCTV yang Mudah Digunakan

Hikvision AcuSense merupakan CCTV cerdas yang pemasangannya sangat cepat ditambah konfigurasi yang mudah layaknya kamera konvensional. Anda hanya perlu menentukan titik-titik penempatan tepat seperti yang sudah dijelaskan di atas.

Satu lagi kelebihan yang tidak boleh dilewatkan yaitu fitur tambahan untuk memberikan sirine internal dan juga alarm lampu sorot. Sirine ini akan langsung otomatis menyala ketika kamera mendeteksi terjadi pergerakan tidak normal yang menjadi ancaman kejahatan.

Selain itu beberapa jenis kamera juga dapat mengeluarkan suara khusus sebagai peringatan untuk tidak memasuki area terlarang. Fitur ini bisa Anda aktifkan untuk area-area terlarang untuk umum di pabrik.

Keamanan di lingkungan pabrik yang harus dijaga dimulai dari pintu masuk keluar utama yang dijaga oleh satpam. Selebihnya adalah untuk menjaga keamanan pabrik dari pencurian sampai dengan kecelakaan kerja karyawan.

Pemasangan yang tepat dapat mencegah semua masalah di pabrik sehingga operasional selalu menjadi lancar. Apalagi ketika pabrik sedang mengerjakan pesanan dalam jumlah besar sampai harus beroperasional 24 jam. Staf keamanan manusia memiliki keterbatasan untuk mengawasi area pabrik yang cukup luas.

Disinilah smart CCTV dari Hikvision yang menggunakan teknologi AcuSense sangat diperlukan. Baik itu dari segi pencitraan yang detail dan jelas, ketersediaan alarm ketika terjadi tindak kejahatan serta teknologi AI yang canggih bisa membedakan pergerakan objek dengan lebih akurat.

Ketika membutuhkan bukti akurat melalui rekaman CCTV, pencarian juga jadi lebih mudah berkat fitur label yang sudah otomatis bekerja. Secara sempurna, teknologi Hikvision AcuSense sudah dikemas sebagai kamera CCTV yang Anda butuhkan. Jadi Anda tidak akan salah pilih.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id
 

BERITA TERKAIT

 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f

BERITA TERKAIT

 

BERITA LAINNYA

 
hide ads show ads
desktop mobile