Sabtu 09 Jul 2022 16:50 WIB

Viral Fenomena Langit Hijau Mirip di Serial Stranger Things Terjadi di AS

Banyak orang yang menduga perubahan langit disebabkan oleh tornado.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Dwi Murdaningsih
Warga Sioux Falls, South Dakota, Amerika Serikat (AS) melihat fenomena langit berwarna hijau.
Foto: twitter
Warga Sioux Falls, South Dakota, Amerika Serikat (AS) melihat fenomena langit berwarna hijau.

REPUBLIKA.CO.ID, SIOUX FALLS – Warga Sioux Falls, South Dakota, Amerika Serikat (AS) melihat fenomena langit berwarna hijau. Pemandangan ini seperti dalam salah satu episode di serial Netflix Stranger Things. Fenomena tersebut terjadi pada Selasa (12/7/2022) lalu.

Banyak orang yang menduga perubahan langit disebabkan oleh tornado. Namun, Layanan Cuaca Nasional (NWS) menyangkalnya. NWS mengungkapkan fenomena tersebut bukan terjadi karena tornado melainkan berasal dari derecho.

Baca Juga

Derecho adalah badai angin kencang yang terkait dengan kelompok badai petir parah yang bergerak cepat. Secara khusus itu melintasi Midwest utara dengan kecepatan angin hingga 99 mil per jam. Akibatnya, ribuan tenaga listrik tidak berfungsi.

Ahli meteorologi di AccuWeather Isaac Longley mengatakan fenomena yang terjadi pada 5 Juli lalu berwarna lebih hijau dari biasanya. “Ini tentu menarik perhatian banyak orang yang belum pernah melihat langit berwarna sangat hijau. Dalam kasus khusus ini, langit hijau berlangsung sekitar 10-20 menit saat badai mendekati Sioux Falls,” kata Longley, dikutip Daily Mail, Sabtu (9/7/2022).