PHRI Cianjur Catat Hunian Hotel Naik 65 Persen Saat Libur Panjang

Red: Fuji Pratiwi

Pekerja membersihkan area kamar hotel (ilustrasi). Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Cianjur, Jawa Barat, mencatat tingkat hunian hotel di kawasan Cipanas-Puncak mengalami peningkatan sebesar 65 persen saat libur panjang sekolah dan libur panjang Hari Raya Idul Adha 2022.
Pekerja membersihkan area kamar hotel (ilustrasi). Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Cianjur, Jawa Barat, mencatat tingkat hunian hotel di kawasan Cipanas-Puncak mengalami peningkatan sebesar 65 persen saat libur panjang sekolah dan libur panjang Hari Raya Idul Adha 2022. | Foto: REPUBLIKA/ABDAN SYAKURA

REPUBLIKA.CO.ID, CIANJUR -- Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Cianjur, Jawa Barat, mencatat tingkat hunian hotel di kawasan Cipanas-Puncak mengalami peningkatan sebesar 65 persen saat libur panjang sekolah dan libur panjang Hari Raya Idul Adha 2022.

Ketua PHRI Cianjur Nano Indrapraja di Cianjur, Sabtu (9/7/2022), mengatakan, okupansi hotel di Cianjur, sudah mengalami kenaikan sejak beberapa bulan terakhir. Terutama setelah Hari Raya Idul Fitri, hingga Hari Raya Idul Adha seiring landainya kasus Covid-19 di sejumlah wilayah.

Baca Juga

"Sejak libur sekolah hingga Sabtu (9/7/2022) sore atau satu hari menjelang Idul Adha, angka kunjungan meningkat hingga 65 persen dan diperkirakan akan terus meningkat hingga dua hari ke depan, tercatat 1.015 kamar anggota PHRI Cianjur sudah terisi hingga Sabtu petang. Rata-rata lama menginap dua hingga tiga hari didominasi pendatang dari Jabodetabek," katanya.

Sedangkan saat hari kerja, angka hunian juga mengalami peningkatan karena seiring libur panjang sekolah. Angka kunjungan mengalami kenaikan hingga 30 persen dibandingkan bulan sebelumnya.

"Untuk hari kerja, tingkat hunian bisa mencapai 50 sampai 60 kamar di masing-masing hotel," katanya.

Meski didominasi wisatawan domestik, tutur dia, wisatawan mancanegara sudah mulai terlihat menginap di sejumlah hotel berbintang di kawasan Puncak-Cipanas, namun jumlahnya masih rendah. Wisatawan mancanegara umumnya berasal dari Timur Tengah, seperti Arab Saudi, Yaman dan Qatar.

Manager Bydiel Hotel Cianjur, Oos Somantri, mengatakan, satu hari menjelang Hari Raya Idul Adha, tingkat hunian mengalami peningkatan lebih dari 65 persen. Bahkan pihaknya memperkirakan dari 84 kamar yang akan terisi penuh hingga Senin (11/7/2022).

"Peningkatan sudah terjadi sejak dua hari terakhir, Sabtu (9/7/2022) sore sudah lebih dari 65 persen, diperkirakan akan terisi penuh menjelang malam. Kami berharap kenaikan ini, akan terus meningkat seiring rendahnya kasus Covid-19," katanya.

 

Terkait


60 Ribu Warga Kunjungi Taman Margasatwa Ragunan pada Libur Sekolah

Tingkat Hunian Hotel di Kabupaten Jepara Mulai Pulih

KAI Daop 6 Tambah Perjalanan Dari Solobalapan Selama Libur Sekolah

Libur Sekolah, KAI Tambah Perjalanan dari Solobalapan

Isi Waktu Liburan Sambil Nyantri Dadakan dengan Fun Holiday

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@rol.republika.co.id (Marketing)

Ikuti

× Image
Light Dark