Senin 11 Jul 2022 23:25 WIB

Maknai Idul Adha, Ketua KPK Ajak Semua Pihak Jauhi Sifat Tamak

Tamak disebutnya sebagai sifat kebinatangan yang harus dipenggal.

Red: Gilang Akbar Prambadi
Ketua KPK Firli Bahuri.
Foto: ANTARA/Reno Esnir
Ketua KPK Firli Bahuri.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --  Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri mengajak semua pihak memaknai Idul Adha sebagai momen menjaga nilai-nilai antikorupsi. “Cerita Nabi Ibrahim Alaihis Salam (AS) dan Ismail AS, kisah 25 nabi yang diceritakan ayah-ibu sewaktu saya kecil, sebagai dongeng pengantar tidur, di mana kisah menakjubkan ini, masih kuat melekat dalam benak dan ingatan saya,” kata Firli, Senin (10/7/2022). 

Menyelami kisah itu, Firli menyatakan keluarga Nabi Ibrahim tak pernah sekalipun melakukan korupsi, termasuk di saat krusial sewaktu menjalankan perintah Allah untuk menyembelih sang buah hati. 

Baca Juga

Padahal, lanjutnya, bisa saja mereka mengorupsi perintah tersebut mengingat tidak ada satu pun manusia mengetahui peristiwa itu. Terlebih setan yang terkutuk sangat getol menggoda ketiganya. 

“Tidak sedikit nilai-nilai dari tauladan kehidupan keluarga Nabi Ibrahim AS, tentang teguhnya sebuah tekad, keyakinan, keikhlasan serta kerelaan luar biasa yang sejatinya dimiliki oleh setiap manusia, untuk menangkal semua bujuk rayu dan godaan setan agar kita berperilaku koruptif dan berani melakukan korupsi, kejahatan kemanusiaan,” ujarnya.

Menurut Firli, teladan yang diberikan keluarga Ibrahim beserta keutamaan Idul Adha jadi momentum baik bagi kebangkitan umat untuk melawan sifat tamak dalam diri. 

Tamak disebut sebagai sifat kebinatangan yang harus dipenggal karena menjadi akar perilaku korupsi. “Manusia yang memiliki tabiat tamak, tentunya memiliki perilaku koruptif, tidak akan puas dengan apa yang ada, selalu kurang terhadap apa yang telah dimiliki,” kata dia. 

Dia menegaskan, esensi Idul Adha bukan terletak pada penyembelihan hewan kurban seperti sapi atau kambing. Makna simbolik di balik ritual itu ialah tentang pengorbanan, kesabaran, dan keikhlasan dalam menjalankan perintah Allah serta dalam memerangi hawa nafsu. 

“Konsistensi untuk tidak korupsi seperti dicontohkan keluarga antikorupsi Nabi Ibrahim AS, sejatinya adalah esensi dari makna keutamaan Iduladha dan berkurban yang sepatutnya kita lestarikan dalam kehidupan sehari-hari,” kata Firli. 

Firli menyampaikan, orang yang memiliki tabiat tamak akan sulit mengendalikan diri. Ia akan terus berfantasi serta larut dan tenggelam dalam surga fatamorgana korupsi. 

Begitu terbuainya dengan kepuasaan duniawi yang sesaat hingga koruptor disebut lebih takut dimiskinkan daripada dipenjara. 

“Koruptor tidak takut hukuman badan, tapi takut dimiskinkan,” kata Firli.

Karena itu, dalam menangani perkara korupsi KPK selalu berupaya melekatkan dengan tindak pidana pencucian uang (TPPU). Langkah itu ditujukan dalam rangka memberikan efek jera sehingga sifat perilaku korupsi tidak terulang. 

“Orang baru akan kapok kalau dikenakan TPPU, makanya kami ajak semua APH (aparat penegak hukum) agar setiap tindak pidana korupsi dilekatkan dengan TPPU,” kata Firli.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement