Selasa 12 Jul 2022 07:55 WIB

Malam Ini, Nama Baik Indonesia di Panggung Basket Asia Mulai Diuji

Erick menyampaikan, Indonesia merasa terhormat menjadi tuan rumah.

Rep: Fitrianto/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Warga memotret trofi Piala FIBA Asia 2022 yang sedang di pamerkan di area Monas, Jakarta, Rabu (6/7/2022). Trofi Piala FIBA Asia 2022 akan dipamerkan di beberapa lokasi di Jakarta dalam rangkaian tur trofi pada 5-9 Juli sebagai sosialisai ke masyarakat agenda kejuaraan bola basket Piala FIBA Asia 2022 yang digelar di Jakarta pada 12-24 Juli.
Foto: ANTARA/Hafidz Mubarak A
Warga memotret trofi Piala FIBA Asia 2022 yang sedang di pamerkan di area Monas, Jakarta, Rabu (6/7/2022). Trofi Piala FIBA Asia 2022 akan dipamerkan di beberapa lokasi di Jakarta dalam rangkaian tur trofi pada 5-9 Juli sebagai sosialisai ke masyarakat agenda kejuaraan bola basket Piala FIBA Asia 2022 yang digelar di Jakarta pada 12-24 Juli.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- FIBA Asia Cup 2022 resmi dibuka melalui acara gala dinner di Hotel Fairmont, Jakarta, pada Senin (11/7/2022) malam WIB. Acara gala dinner ini dihadiri seluruh perwakilan 16 tim yang berlaga, Direktur Eksekutif FIBA Asia Hagop Khajirian, FIBA Board Member Erick Thohir, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno, Ketua Umum PP Perbasi Danny Kosasih, dan sejumlah perwakilan sponsor.

Peluncuran FIBA Asia Cup 2022 ditandai dengan ditempelkannya telapak tangan Menpora Amali ke layar raksasa yang menjadi latar panggung. Sesaat setelah telapak tangan Menpora menempel, di layar muncul logo FIBA Asia Cup 2022 yang disambut tepuk tangan peserta gala dinner.

Baca Juga

"Dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim, FIBA Asia Cup 2022 ini saya nyatakan dimulai," kata Menpora di atas panggung.

Menpora Amali menyampaikan selamat datang kepada seluruh peserta. Ia berharap mereka menunjukkan permainan terbaik dalam rangkaian pertandingan yang digelar dari Selasa (12/7/2022) sampai puncaknya pada Ahad (24/7/2022).

Hagop dalam sambutannya juga menyampaikan selamat kepada 16 tim yang akan berpartisipasi di FIBA Asia Cup 2022, yang disebutnya ajang bola basket terbesar di Asia dan Oseania. Menurutnya, tim-tim ini sudah melalui jalan panjang lewat kualifikasi sebelum tampil di Jakarta. Untuk itu, ia meyakini publik akan menyaksikan suguhan basket berkelas dari tim-tim terbaik Asia dan Oseania.

Ia juga mengatakan, perkembangan basket semakin pesat sejak terakhir kali Indonesia menjadi tuan rumah hampir tiga dekade lalu. "Kami berterima kasih kepada Perbasi dan panitia lokal atas kerja keras mereka sebelumnya dan sepanjang event nanti. Kami juga berterima kasih kepada sponsor, volunteer, dan media, atas dukungannya. Sekali lagi, selamat datang FIBA Asia Cup 2022 di Jakarta dan semoga beruntung untuk tim-tim," kata Hagop.

Sementara Erick menyampaikan, Indonesia merasa terhormat menjadi tuan rumah FIBA Asia Cup untuk kedua kalinya. Ia mengatakan, Indonesia saat ini menjadi tuan rumah sejumlah event besar olahraga dunia serta mengembangkan olahraga di bawah arahan Presiden Joko Widodo.

"Indonesia menjadi tuan rumah Asian Games pada 2018. Nanti ada Piala Dunia FIFA U20 tahun depan, serta Piala Dunia FIBA bersama Jepang dan Filipina juga berlangsung tahun depan. Kemudian ada event MotoGP yang berkelanjutan selama 10 tahun ke depan. Saya menantikan pertandingan hebat dan tak sabar menyaksikan semuanya," kata Erick.

Menparekraf Sandiaga meminta para peserta untuk berlibur mengunjungi tempat wisata Indonesia selepas berlaga di FIBA Asia Cup. Ia mengingatkan nilai-nilai positif dari bola basket, termasuk sportmanship.

"Saya menunggu momen ini. Pekerjaan saya menteri, tapi passion saya bola basket," katanya.

Pada hari pertama penyelenggaraan ini, Indonesia akan menghadapi Arab Saudi di Istora Senayan pada pukul 18.30 WIB.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement