Monday, 7 Rabiul Awwal 1444 / 03 October 2022

Monday, 7 Rabiul Awwal 1444 / 03 October 2022

 

7 Rabiul Awwal 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Bukan Cuma di Mata, Tanda-Tanda Kekurangan Vitamin A Bisa Terasa di Kulit

Rabu 20 Jul 2022 03:53 WIB

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda

Wortel, salah satu sumber vitamin A (ilustrasi). Gejala kekurangan vitamin A bisa terasa di kulit.

Wortel, salah satu sumber vitamin A (ilustrasi). Gejala kekurangan vitamin A bisa terasa di kulit.

Foto: Pxhere
Kekurangan vitamin A dalam jangka panjang bisa menyebabkan kebutaan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Vitamin sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Kekurangan jenis vitamin tertentu, seperti vitamin C dan vitamin D, lebih mudah ditinjau kondisinya, namun ada pula kekurangan jenis vitamin yang tak banyak disadari, seperti vitamin A.

 

Vitamin A sangat penting untuk menjaga kesehatan mata, menyehatkan kulit, serta melawan infeksi. WebMD memperingatkan, bila seseorang tidak mendapatkan cukup vitamin A dalam menu harian, dia mungkin berisiko mengalami kekurangan vitamin A.

Baca Juga

Kekurangan vitamin A dalam jangka panjang bisa berimbas pada konsekuensi serius, termasuk menyebabkan kebutaan. Seiring waktu, itu dapat menyebabkan banyak masalah kesehatan, termasuk penurunan fungsi penglihatan, penurunan kekebalan tubuh, dan kematian.

Salah satu gejala kekurangan vitamin A yang harus diwaspadai adalah kulit gatal. "Orang yang kekurangan vitamin A dapat memiliki masalah kulit, seperti kulit kering, gatal, dan kulit bersisik," demikian bunyi pernyataan WebMD, dikutip dari laman Express, Rabu (20/7/2022).

Disarankan untuk menghubungi dokter untuk menguji kadar vitamin A jika seseorang khawatir mengalami defisiensi. Ada beberapa kondisi yang dapat disebabkan kekurangan vitamin A dalam jumlah besar, salah satunya adalah xerophthalmia.

Pengidap kondisi xerophthalmia akan mengalami mata kering dan berkerak, yang dapat merusak kornea dan retina. Seseorang dengan kekurangan vitamin A juga lebih kerap mengalami masalah kesehatan karena tubuhnya cenderung tidak mampu melawan infeksi.

Kondisi lain ialah bintik bitot, yakni penumpukan keratin di mata yang menyebabkan penglihatan kabur. Bisa juga terjadi keratomalacia, gangguan mata yang melibatkan pengeringan dan pengaburan kornea, yakni lapisan bening di depan iris dan pupil.

Orang yang kekurangan vitamin A juga bisa mengalami keratinisasi, proses di mana sel-sel diisi dengan protein keratin. Lantas, sel-sel itu mati dan membentuk struktur yang keras dan tahan di saluran kemih, saluran pencernaan, dan saluran pernapasan.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f

 

 

BERITA LAINNYA

 

 

hide ads show ads
desktop mobile