Rabu 20 Jul 2022 19:10 WIB

Rusia Hukum Yayasan Wikipedia Atas Konflik Ukraina

Wikipedia dianggap melanggar hukum Rusia seputar konflik di Ukraina.

Rep: Lintar Satria/ Red: Esthi Maharani
Wikipedia
Wikipedia

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Lembaga pengawas komunikasi Rusia menghukum Yayasan Wikipedia yang mengelola situs ensiklopedi dari Wikipedia karena dianggap melanggar hukum Rusia seputar konflik di Ukraina.

Dalam pernyataannya, Rabu (20/7/2022) Roskomnadzor mengatakan Wikipedia masih menampung "materi dilarang, termasuk informasi palsu tentang apa yang terjadi dalam operasi militer khusus di wilayah Ukraina." Mesin pencari akan memberitahu pengguna Wikipedia melanggar undang-undang Rusia.

Roskomnadzor mengatakan langkah itu akan terus berlaku sampai Yayasan Wikipedia sepenuhnya memenuhi hukum Rusia.

Rusia menerapkan undang-undang baru tentang berbagi informasi tentang konflik di Ukraina. Tidak lama setelah Kremlin mengirimkan puluhan ribu pasukan ke negara itu pada 24 Februari lalu.

Saat ini pasukan Rusia sedang menyerbu wilayah Donbas di Ukraina timur dan kini menduduki daerah kelima di negara tersebut.Pada Senin (18/7/2022) lalu Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan  Menteri Pertahanan Rusia Sergey Shoigu menginspeksi kelompok Vostok yang berperang di Ukraina.

"(Shoigu) menginstruksikan para komando untuk memprioritaskan rudal jarak jauh dan senjata artileri musuh," kata kementerian dalam pernyataannya.

Kementerian mengatakan senjata-senjata itu digunakan untuk menembaki wilayah pemukiman warga di Donbas yang dikuasai Rusia dan membakar ladang dan gudang gandum. Laporan mengenai hal ini belum dapat diverifikasi secara independen.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement