Thursday, 10 Rabiul Awwal 1444 / 06 October 2022

Thursday, 10 Rabiul Awwal 1444 / 06 October 2022

 

10 Rabiul Awwal 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Pemimpin Korut Ancam Musnahkan Korsel Jika Lakukan Tindakan Militer

Kamis 28 Jul 2022 21:17 WIB

Red: Esthi Maharani

Pemimpin Korea Utara memperingatkan Korea Selatan akan

Pemimpin Korea Utara memperingatkan Korea Selatan akan

Kim mengeluarkan pernyataan keras pertama pada Presiden Korsel Yoon sejak menjabat

REPUBLIKA.CO.ID., ANKARA -- Pemimpin Korea Utara memperingatkan Korea Selatan akan "musnah" jika Seoul melakukan tindakan militer apa pun terhadap Korea Utara.

 

"Upaya berbahaya seperti itu akan segera dihukum oleh kekuatan yang kuat, dan pemerintahan Yoon Seok-yeol dan militernya akan dihancurkan," Kantor Berita Yonhap mengutip pernyataan Kim Jong-un di ibu kota Pyongyang.

Dalam pidato yang disebut Pyongyang sebagai "Hari Kemenangan", menandai berakhirnya Perang Korea 1950-1953, Kim menyebut militer Korea Selatan sebagai "gangster militer" dan mengatakan mereka akan menghadapi kemusnahan jika melakukan "upaya berbahaya".

Kim mengatakan tidak akan lagi mentoleransi perilaku Korea Selatan dan memperingatkan bahwa mereka akan membayar harganya jika itu terus berlanjut. Pekan lalu, Presiden Korsel Yoon mengklaim Korut siap menggelar uji coba nuklir kapan saja.

Sebelumnya Yoon memerintahkan militer untuk “dengan cepat dan tegas menghukum” Korea Utara jika melakukan provokasi.

Ketegangan di semenanjung meningkat pada tahun 2020 ketika Korea Utara menyerang dan meledakkan kantor penghubung antar-Korea di sepanjang perbatasan.

Ketegangan meningkat lebih lanjut tahun lalu ketika Seoul dan Pyongyang meningkatkan latihan untuk memamerkan kekuatan militer mereka.

Bulan lalu, AS, Korea Selatan dan Jepang mengumumkan rencana untuk meningkatkan hubungan keamanan dan sepakat untuk bersama-sama melawan ancaman dari Korea Utara jika Pyongyang melakukan uji coba nuklir kembali.

AS dan Korea Selatan telah memperpanjang beberapa tawaran dialog ke Korea Utara untuk meredakan ketegangan saat ini di semenanjung, tetapi Korea Utara belum menanggapi.

Pada 27 Mei, China dan Rusia memveto sanksi baru Dewan Keamanan PBB yang akan dijatuhkan pada Korea Utara.

 

 

sumber : https://www.aa.com.tr/id/dunia/pemimpin-korea-utara-ancam-musnahkan-korea-selatan-jika-lakukan-tindakan-militer/2647506
BACA JUGA: Ikuti News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f

 

 

BERITA LAINNYA

 

 

hide ads show ads
desktop mobile