Senin 08 Aug 2022 12:56 WIB

Roket India Gagal Menempatkan Satelit di Orbit yang Benar dalam Peluncuran Debutnya

Performa roket secara keseluruhan baik tapi meninggalkan dua satelit di orbit salah

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Gita Amanda
Peluncuran roket ke luar angkasa (ilustrasi). Roket baru India diluncurkan untuk pertama kalinya pada Sabtu (6/8/2022) malam, tetapi gagal mengirimkan muatan satelitnya ke orbit yang diinginkan karena masalah sensor.
Foto: AFP
Peluncuran roket ke luar angkasa (ilustrasi). Roket baru India diluncurkan untuk pertama kalinya pada Sabtu (6/8/2022) malam, tetapi gagal mengirimkan muatan satelitnya ke orbit yang diinginkan karena masalah sensor.

REPUBLIKA.CO.ID, INDIA -- Roket baru India diluncurkan untuk pertama kalinya pada Sabtu (6/8/2022) malam, tetapi gagal mengirimkan muatan satelitnya ke orbit yang diinginkan karena masalah sensor. Kendaraan Peluncur Satelit Kecil atau Small Satellite Launch Vehicle (SSLV) setinggi 112 kaki (34 meter) lepas landas dari Pusat Luar Angkasa Satish Dhawan di pantai tenggara India pada Sabtu (6/8/2022) pukul 23.48 EDT (pukul 03.48 GMT dan pukul 08.18 Waktu Standar India pada Ahad (7/8/2022)) dengan dua satelit di dalamnya.

Tiga tahap roket berbahan bakar padat berkinerja baik, tetapi tahap keempat dan terakhirnya, “modul pemangkas kecepatan” atau velocity trimming module (VMT) berbahan bakar cair, mengalami hambatan: Pejabat Organisasi Penelitian Luar Angkasa India (ISRO) melaporkan hilangnya data dari roket dan, lebih dari lima jam setelah lepas landas, ISRO mengumumkan misi itu gagal.

“Performa kendaraan secara keseluruhan sangat baik” pada awalnya, tetapi pada akhirnya meninggalkan dua satelit di orbit yang salah, Ketua ISRO S. Somanath mengatakan dalam sebuah pernyataan video setelah peluncuran. “Satelit ditempatkan di orbit elips di tempat orbit melingkar,” ujarnya.

Daripada menempatkan satelit dalam orbit melingkar 221 mil (356 kilometer) di atas Bumi, roket meninggalkan mereka dalam orbit yang berkisar dari 221 mil hingga sedekat 47 mil (76 km). Orbit itu tidak stabil, dan satelit-satelit itu “sudah turun, dan tidak dapat digunakan,” kata Somanath.

Pejabat ISRO mengatakan di Twitter bahwa kegagalan sensor yang tidak terdeteksi pada waktunya untuk beralih ke “tindakan penyelamatan” menyebabkan masalah orbit. Investigasi atas kegagalan itu direncanakan.

“Apa yang akan kami lakukan sekarang adalah mengidentifikasi masalah khusus ini dan mengapa isolasi ini terjadi dan mengapa ia masuk ke orbit yang tidak dapat diterima,” kata Somanath, dilansir dari Space, Senin (8/8/2022). ISRO akan menggunakan penyelidikan itu untuk memperbaiki masalah uji terbang kedua roket SSLV, tambahnya. “Tapi untuk masalah itu, kami tidak bisa melihat anomali lainnya," tambahnya. “Setiap elemen baru lainnya yang telah dimasukkan ke dalam roket ini bekerja dengan sangat baik.”

Muatan utama pada misi uji Sabtu (6/8/2022) adalah EOS-02, satelit pengamatan Bumi eksperimental seberat 300 pon (135 kilogram). “Satelit seri microsat ini menawarkan penginderaan jauh optik canggih yang beroperasi di pita inframerah dengan resolusi spasial tinggi,” tulis pejabat ISRO dalam deskripsi misi Sabtu (6/8/2022).

Satelit kedua yang naik pada Sabtu (6/8/2022) adalah cubesat seberat 18 pon (8 kg) yang disebut AzaadiSAT. Pesawat ruang angkasa kecil ini dimuat dengan 75 muatan berbeda, yang dibangun oleh siswa perempuan di seluruh India untuk melakukan berbagai “eksperimen femto”.

Muatannya termasuk transponder UHF-VHF yang bekerja di frekuensi radio ham untuk memungkinkan transmisi suara dan data untuk operator radio amatir, penghitung radiasi berbasis dioda PIN solid state untuk mengukur radiasi pengion di orbitnya, transponder jarak jauh dan kamera swafoto,” tulis pejabat ISRO dalam deskripsi misi.

Seperti namanya, SSLV dirancang untuk meluncurkan satelit yang relatif kecil; roket dapat melayang hingga 1.100 pon (500 kg) ke orbit Bumi rendah atau low Earth orbit (LEO), menurut pejabat ISRO. Ketika SSLV sepenuhnya online, India akan memiliki tiga roket di armadanya saat ini. Dua lainnya adalah Kendaraan Peluncur Satelit Kutub atau Polar Satellite Launch Vehicle (PSLV) setinggi 144 kaki (44 m), yang dapat mengangkut hingga 3.860 pon (1.750 kg) ke orbit kutub sinkron matahari, dan Kendaraan Peluncuran Satelit Geosinkron atau Geosynchronous Satellite Launch Vehicle (GSLV) , yang dapat membawa 11.000 pon (5.000 kg) ke LEO atau 5.500 pon (2.500 kg) ke orbit transfer geostasioner yang jauh lebih tinggi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement