Friday, 4 Rabiul Awwal 1444 / 30 September 2022

Friday, 4 Rabiul Awwal 1444 / 30 September 2022

 

4 Rabiul Awwal 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Lima Lagu Ini Sering Dijadikan OST Film, dari Horor Hingga Action

Selasa 09 Aug 2022 05:19 WIB

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Qommarria Rostanti

Film Forrest Gump. Lagu-lagu yang sering dijadikan soundtrack film. (ilustrasi)

Film Forrest Gump. Lagu-lagu yang sering dijadikan soundtrack film. (ilustrasi)

Foto: playbuzz.com
Satu lagu bisa digunakan oleh beberapa film untuk dijadikan soundtrack.

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- Anda pasti pernah mendengar lagu tertentu, tetapi tidak tahu asalnya mana? Bisa jadi Anda secara tidak sadar mengonsumsi musik tersebut dari beberapa latar film, mengingat fakta bahwa beberapa lagu sering digunakan dibandingkan yang lain.

 

Mungkin melodi yang catchy atau tema yang sesuai dengan lagu dan bisa digunakan di hampir setiap film, namun satu hal yang pasti, lagu itu cukup sering digunakan sepanjang sejarah perfilman. Dilansir Movie Web, Selasa (9/8/2022), berikut lagu-lagu yang paling umum digunakan sebagai latar musik di film:

Baca Juga

1. "Spirit in The Sky"

Lagu yang ditulis dan dipopulerkan oleh Norman Greenbaum ini dikenal sebagai salah satu lagu terlaris sepanjang masa. Film seperti Forrest Gump (1994) menggunakan lagu ini sebagai soundtrack. Lagu ini juga digunakan dalam adegan ketika Evan berbicara kepada Tuhan di film Evan Almighty, kemudian digunakan dalam dokudrama luar angkasa Apollo 13, dan dalam drama olahraga Remember The Titans. Meski tidak digunakan dalam film secara langsung, Spirit in The Sky juga masuk dalam soundtrack resmi Guardians of the Galaxy dan digunakan untuk salah satu trailer.

2. "Fortunate Son"

“Fortunate Son” adalah lagu dari band rock Amerika Creedence Clearwater Revival. Lagu ini menjadi simbol gerakan antiperang. Oleh karena itu, lagu ini banyak digunakan dalam film-film tentang Perang Vietnam atau keterlibatan Amerika dalam perang di luar negeri.

Contoh terbaik termasuk adegan Forrest dan Bubba yang tiba di zona pertempuran Vietnam di film Forrest Gump, lalu kredit akhir untuk film Die Hard 4.0, dan kredit akhir untuk film Battleship. "Fortunate Son" juga ada di soundtrack resmi untuk film superhero DC Suicide Squad dan juga digunakan untuk adegan penyelamatan perang di film War Dogs.

3. "London Calling"

Band rock Inggris The Clash merilis lagu "London Calling" di album studio ketiga mereka, berbicara tentang tema-tema seperti ketimpangan sosial, konflik rasial, dan penggunaan narkoba. Liriknya begitu sempurna untuk menetapkan London sebagai lokasi baru di film apa pun.

Adegan seperti ini yang mungkin Anda kenali adalah penerbangan James Bond ke London di film Die Another Day. Lagu "London Calling" juga dimainkan selama urutan pembukaan di film Conjuring kedua. Lagu ini juga telah digunakan untuk montase khas landmark kota yang ikonik, seperti dalam film Billy Elliot dan Night at the Museum.

4. "Somewhere Over the Rainbow"

Anda mungkin tidak tahu ini, tetapi "Somewhere Over The Rainbow" awalnya ditulis untuk film kontroversial tahun 1939 The Wizard of Oz. Berkat popularitasnya, itu menjadi lagu khas Judy Garland.

Lagu yang dinyanyikan Israel Kamakawiwo’ole berbicara tentang menemukan tempat di mana tidak seorang pun akan mendapat masalah, hampir seperti zona aman untuk melarikan diri. Lagu ikonik ini juga telah digunakan dalam komedi romantis 50 First Dates, dalam drama Finding Forrester, film fantasi romantis Meet Joe Black yang dibintangi Brad Pitt, dan film aksi Snakes on a Plane.

5. "What A Wonderful World"

Lagu ini ditulis dan dipopulerkan oleh Louis Armstrong. Daftar film yang menampilkan lagu ini mungkin tidak ada habisnya, misalnya dalam adegan radio di Good Morning, Vietnam, ketika Alex ditinggalkan sendirian di Madagascar, di film 12 Monkeys ketika James Cole menginginkan lagu yang berbeda, dalam adegan lift di Harold & Kumar Escape from Guantanamo Bay, dan di film Bowling for Columbine.

 

 

 

 

Sumber https://movieweb.com/commonly-used-songs-movies/

 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f

 

 

BERITA LAINNYA

 

 

hide ads show ads
desktop mobile