Senin 15 Aug 2022 22:02 WIB

Di Bawah Asuhan BPIP, Presiden Kukuhkan Calon Paskibraka Menjadi Paskibraka Tahun 2022

Paskibraka dibawah asuhan BPIP diharapkan mendapat kemudahan dalam menjalankan tugas

Red: Hiru Muhammad
Presiden Republik Indonesia Joko Widodo mengukuhkan 68 anggota calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Calon Paskibraka) menjadi Paskibraka Tingkat Pusat Tahun 2022 di Istana Merdeka, Jakarta, Senin, (15/8/2022).
Foto: istimewa
Presiden Republik Indonesia Joko Widodo mengukuhkan 68 anggota calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Calon Paskibraka) menjadi Paskibraka Tingkat Pusat Tahun 2022 di Istana Merdeka, Jakarta, Senin, (15/8/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Republik Indonesia Joko Widodo mengukuhkan 68 anggota calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Calon Paskibraka) menjadi Paskibraka Tingkat Pusat Tahun 2022 di Istana Merdeka, Jakarta, Senin, (15/8/2022).

Dalam pengukuhannya Presiden didampingi Istri Iriana Jokowi dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin beserta Istri Wury Estu Handayani.

Baca Juga

Dalam pengukuhannya Presiden berharap Paskibraka di bawah asuhan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) itu mendapatkan rahmat dan kemudahan dalam menjalankan tugas negara."Dengan memohon ridha Allah yang maha kuasa, pada hari ini, saya mengukuhkan sodara-sodara sebagai Pengibar Bendera Pusaka, yang akan bertugas di istana merdeka pada tanggal 17 agustus 2022, semoga tuhan yang mahakuasa memberikan rahmat dan kemudahan dalam tugas negara, jakarta, 15 Agustus 2022, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo", katanya saat mengukuhkan. 

Sebelumnya Kepala BPIP Prof. Drs. K.H Yudian Wahyudi, M.A., Ph.D membacakan Ikrar Putra Indonesia yang diikuti seluruh Paskibraka perwakilan 34 Provinsi itu. "Ade Savina Fasha, peganglah sang merah putih dengan tangan kanan-mu dan letak-kan di dada kiri-mu, Adik-adik ikutilah kata-kata saya dengan kata yang keras dan tegas," katanya. 

"Ikrar Putra Indonesia, Aku mengaku Putra Indonesia dan berdasarkan Pengakuan itu, Aku mengaku bahwa aku adalah makhluk tuhan sang Maha Pencipta dan bersumber padanya. Aku mengaku bertumpah darah satu tanah air Indonesia, Aku mengaku berbangsa satu bangsa Indonesia, Aku mengaku bernegara satu Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berlandaskan Pancasila dan undang-undang Dasar 1945, Aku mengaku, berjiwa dan ber-Ideologi satu," katanya.

"Jiwa dan Ideologi Pancasila dan undang-undang dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945, Aku mengaku bertujuan satu, masyarakat adil dan makmur berdasarkan Pancasila, Aku mengaku kebhinekaan dalam kesatuan budaya bangsa, Aku mengaku sebagai generasi penerus perjuangan besar kemerdekaan Indonesia dengan akhlak dan ikhlas menurut Ridho Tuhan Yang Maha Esa," katanya.

"Berdasarkan pengakuan-pengakuan ini dan demi kehormatanku sebagai kader bangsa, Aku berjanji akan bersungguh-sungguh menjalankan kewajibanku untuk mengamalkan semua pengakuan ini dalam karya hidupku sehari-hari Semoga Tuhan Yang Maha Esa memberkati Niatku ini dengan Taufik dan hidayahnya serta inayahnya," katanya.  

Dalam kesempatan tersebut Kepala BPIP didampingi Wakil Kepala BPIP Dr. Drs. Karjono, S.H., M.Hum dan Sekretaris Utama BPIP Dr. Adhianti, S.I.P., M.S.I. Deputi Bidang Pengendalian dan Evaluasi BPIP Dr. Rima Agristina, S.H., S.E., M.M bersyukur dan bangga karena Calon Paskibraka kini telah dikukuhkan menjadi Paskibraka tingkat pusat tahun 2022 tahun pertama yang diasuh BPIP."Alhamdulillah Capaska sudah dikukuhkan oleh Presiden Bapak Joko Widodo menjadi Paskibraka dan akan bertugas nanti pada tanggal 17 Agustus", ujarnya usai pengukuhan.

Menurutnya kini Paskibra memakai Kendit berwarna hijau dan dipasangka Merah Putih Garuda atau MPG langsung oleh Presiden sebagai lambang penghargaan.

Ia berharap pengukuhan angsung oleh Presiden dan didampingi Wakil Presiden ini menjadi semangat bagi adik-adik pada pelaksanaan penaikan dan penuruna sangsaka merah putih pada pelaksanaan HUT RI ke 77 itu.

Tidak hanya itu ia menegaskan Paskibraka yang telah mendapatkan Pendidikan dan Pelatihan selama satu bulan penuh itu menjadi kader bangsa yang berkarakter di tengah-tengah masyarakat."Semoga semangat Paskibraka ini dapat menyebar kepada seluruh penjuru nusantara, sehingga masyatakat dan Negara Indonesia pulih lebih cepat, bangkit ebih kuat untuk indonesia maju", tuturnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement