Jumat 09 Sep 2022 16:12 WIB

Daniel Craig: Ratu Elizabeth II akan Sangat Dirindukan

Daniel Craig kenang kolaborasinya dengan sang ratu di Olimpiade London 2012.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Nora Azizah
Daniel Craig kenang kolaborasinya dengan sang ratu di Olimpiade London 2012.
Foto: AP/Matt Dunham
Daniel Craig kenang kolaborasinya dengan sang ratu di Olimpiade London 2012.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Aktor Daniel Craig turut berduka atas berpulangnya sosok mendiang Ratu Elizabeth II pada Kamis (8/9/2022). Pria yang pernah "berkolaborasi" bersama sang ratu untuk pertunjukan di Olimpiade London 2012 itu merilis ucapan belasungkawa resmi.

"Saya, seperti banyak orang, sangat sedih dengan berita hari ini. Dukungan dan doa saya untuk keluarga kerajaan, orang-orang yang dia cintai, dan semua orang yang mencintainya. Dia meninggalkan warisan yang tak tertandingi dan akan sangat dirindukan," kata Craig.

Baca Juga

Sang aktor mungkin merupakan satu dari segelintir orang yang bisa bercerita bahwa dirinya pernah "bekerja" bersama sang ratu. Itu terjadi di momen Olimpiade London 2012, ketika sebuah tayangan pembuka spektakuler diputarkan. Kala itu, Craig masih memerankan James Bond.

Hadirin disuguhi film pendek yang menampilkan Bond sang agen 007 yang ikonik meninggalkan Istana Buckingham dengan helikopter, menuju upacara pembukaan Olimpiade London. Pemeran pengganti Elizabeth kemudian turun dari helikopter, setelah itu ratu yang sebenarnya muncul di kursinya di lokasi olimpiade.

Ratu Elizabeth II dianggap sebagai salah satu tokoh paling terkenal di dunia sejak kelahirannya pada 21 April 1926. Dia naik takhta pada 1953 dan telah menjadi lambang masyarakat Inggris selama beberapa dekade. Selama 69 tahun masa kepemimpinannya, sang ratu telah menghadapi perang, skandal, serta gejolak ekonomi.

Masyarakat Inggris menjadikannya simbol ketahanan dan ketenangan. Pada November 1947, Ratu Elizabeth II menikah dengan Philip Mountbatten, mantan pangeran Yunani dan Denmark. Pernikahan mereka berlangsung selama 73 tahun hingga kematian Philip pada 2021. Pasangan ini memiliki empat anak.

Setelah Istana Buckingham mengumumkan berpulangnya Ratu Elizabeth II, banyak selebritas mengunggah ucapan belasungkawa serta kesan tentang mendiang di media sosial. Salah satunya datang dari mantan personel Spice Girl, Geri Horner.

"Simpati saya untuk keluarga kerajaan atas kehilangan ibu, nenek, dan bibi mereka. Terima kasih kepada Yang Mulia atas pengabdiannya yang tidak pernah berakhir.  Dia, dan akan selalu menjadi lambang martabat dan keanggunan," ungkap Geri alias "Ginger Spice" itu.

Rocker Inggris, Ozzy Osbourne, juga menyampaikan duka yang dia rasakan melalui Twitter. "Saya berduka dengan negara saya atas meninggalnya ratu terbesar kami. Dengan berat hati saya katakan, amat menyedihkan memikirkan Inggris tanpa Ratu Elizabeth II," ujar Osbourne.

Elton John juga mengungkapkan kesedihannya melalui Twitter. Bersama seluruh bangsa, John mengaku sangat sedih mendengar berita meninggalnya Ratu Elizabeth II. Sang musisi yang memopulerkan lagu "Rocket Man" itu menyebut sosok mendiang sangat menginspirasi.

"Dia memimpin negara melalui beberapa momen terbesar dan tergelap dengan keanggunan, kehangatan, dan kepedulian yang tulus. Ratu Elizabeth telah menjadi bagian besar dalam hidup saya sejak kecil hingga hari ini, dan saya akan sangat merindukannya," ucap John, dikutip dari lamanHollywoodlife, Jumat (9/9/2022).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement