Rabu 21 Sep 2022 21:06 WIB

Cara Mudah Tertidur dalam Dua Menit, Disebut Berhasil pada 96 Persen Orang

Teknik ini sering dipraktikkan di lingkungan tentara di medan perang.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Qommarria Rostanti
Cara mudah untuk tertidur. (ilustrasi)
Foto: Republika/Mardiah
Cara mudah untuk tertidur. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Rutinitas harian dan lingkungan yang tenang merupakan faktor penting untuk kualitas tidur yang nyenyak. Ada satu trik tidur yang diklaim sering berhasil membuat orang terlelap bahkan di lingkungan tentara yang intens.

Teknik tidur tentara Amerika Serikat (AS) dirancang untuk kondisi intens seperti yang ditemukan di medan perang. Jika trik tidur lama ini dapat bekerja di lingkungan dengan tingkat stres yang tinggi, maka bisa jadi pada kamar tidur Anda akan menjadi sangat mudah.

Baca Juga

Teknik ini dikembangkan oleh panglima tentara untuk mengatasi masalah tentara yang terlalu lelah dan lelah. Teknik ini disebut berhasil untuk 96 persen orang setelah enam pekan berlatih. Bagaimana caranya?

Langkah pertama, fokus pada relaksasi otot-otot wajah, lidah, rahang, serta otot-otot di sekitar mata Anda. Langkah selanjutnya adalah menurunkan bahu Anda sejauh mungkin. Sekarang, ulangi ini dengan lengan atas dan bawah Anda, satu sisi pada satu waktu. Terakhir yang tidak kalah prnting, buang napas, sambil merilekskan dada lalu turunkan ke kaki, mulai dari paha.

Menurut lembaga National Health Services (NHS), apa yang Anda lakukan selama berjam-jam memainkan peran kunci. "Sangat mudah untuk jatuh ke dalam pola perilaku tidak sehat yang dapat membuat tidur Anda lebih buruk," kata NHS.

Ada penyebab pasti seseorang susah tidur, di antaranya mengonsumsi kafein ataupun menyantap makanan besar dekat dengan waktu tidur. "Anda juga harus menghindari minuman beralkohol sebelum tidur," menurut NHS seperti dilansir laman Express, Rabu (21/9/2022).

Dia mengatakan, olahraga teratur juga bagus untuk tidur. "Ingatlah untuk menghindari sesuatu yang terlalu kuat sebelum tidur jika Anda merasa itu memengaruhi tidur Anda," ujar NHS.

Kapan harus ke dokter?

Setiap orang dapat mengalami malam tanpa tidur sesekali. Namun jika Anda terus mengalami masalah itu, berarti Anda berurusan dengan insomnia.

NHS merekomendasikan agar Anda menemui dokter umum, jika mengubah kebiasaan tidur Anda tidak berhasil atau Anda mengalami kesulitan tidur selama berbulan-bulan. "Insomnia memengaruhi kehidupan sehari-hari Anda dengan cara yang membuat Anda sulit untuk mengatasinya," kata dia. Dokter Anda akan mencoba menentukan penyebab Anda tidak bisa tidur dan menawarkan perawatan yang tepat.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement