Saturday, 2 Jumadil Awwal 1444 / 26 November 2022

Saturday, 2 Jumadil Awwal 1444 / 26 November 2022

2 Jumadil Awwal 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Kisah Sukses Raja Giannuca, Rajin Ikuti Banyak Ajang Bakat hingga Jadi Top 4 Indonesian Idol 2020

Sabtu 24 Sep 2022 00:00 WIB

Rep: cermati.com/ Red: cermati.com

Cermati

Cermati

Foto: Cermati
Muda dan berbakat, membuat Muhammad Raja Giannuca Putra dicintai oleh banyak masyarakat Indonesia. Berikut profil dan kisah sukses Nuca.

Muhammad Raja Giannuca Putra, atau yang lebih dikenal dengan name stage Nuca, ialah penyanyi dan pencipta lagu jebolan Indonesian Idol season 10 (2020). Sebelumnya, Nuca juga sempat menjadi juara kedua dalam The Voice Kids Indonesia season 1 (2014).

Pemuda kelahiran Surakarta, 27 Juli 2022 ini telah menekuni dunia tarik suara sejak tahun 2010 silam. Lagu duetnya dengan Mahalini, Aku yang Salah tak hanya laris manis dan meledak di pasaran. Single itu juga dijadikan soundtrack sinetron bombastis, Ikatan Cinta (RCTI).

Dengan genre Pop di bawah naungan label Presiden Musikindo dan Hits Records, Nuca terus merilis sejumlah karya musik nan apik. Di tahun 2019, ia sukses mengeluarkan single seperti Crolatte, Jadilah Pendampingku, dan Jatuh Hati. Pada tahun 2022, Nuca juga sukses melebarkan sayapnya menjajal dunia akting dengan membintangi film My Sassy Girl hingga Kopi Pahit.

Baca Juga: Resmi Berpacaran dengan Rizky Febian, Inilah Profil Penyanyi Cantik Mahalini Raharja

Mahir Memainkan Beragam Alat Musik

View this post on Instagram

A post shared by Raja Giannuca (@drunuca02)

Perjalanan karier seorang Muhammad Raja Giannuca Putra tak berlangsung dalam sekejap mata. Sejumlah proses telah ia lalui secara bertahap agar bisa tiba di posisinya sekarang. 

Tak banyak yang tahu jika Indonesian Idol bukanlah ajang pencarian bakat pertama yang dijajalnya. Kecintaannya terhadap dunia musik telah lama ia tekuni sejak tahun 2010 lalu.

Sebelumnya, penyuka warna abu, hitam, dan putih ini sering mengikuti berbagai ajang dan perlombaan menyanyi. Namun tak cuma fasih dalam olah vokal, Nuca pun sangat mahir dalam memainkan instrumen musik.

Awalnya, anak ketiga dari enam bersaudara ini sempat menjadi bassist dalam D’Troy (2010), band yang dibentuk bersama kedua orang kakaknya. Selain bass, ternyata Nuca juga menguasai alat musik lainnya seperti piano, gitar, dan biola.

Masuk Empat Besar Indonesia Mencari Bakat 2014

Kemudian di tahun 2014, putra dari Angke Verayani Trasna Dewi dan Muhammad Fachrudin ini mengikuti lomba menyanyi Kirana Semen Indonesia. Dalam ajang tersebut, Nuca yang penyuka nasi goreng ini lolos sebagai salah satu finalis dan ke Jakarta.

Nuca di tahun yang sama lantas mengikuti kompetisi Indonesia Mencari Bakat 4 (Trans TV). Saat itu, pria yang menyelesaikan pendidikannya di SMP Negeri 1 Surakarta dan SMA Negeri 1 Surakarta tersebut berhasil lolos hingga empat besar. 

Sementara Lyodra Ginting yang juga sama-sama mengikuti ajang tersebut, sudah tereliminasi lebih dulu di babak sebelumnya.

Runner Up Ajang The Voice Kids Indonesia 2016

View this post on Instagram

A post shared by Raja Giannuca (@drunuca02)

Nama Nuca kemudian kembali terdengar ketika ia mengikuti The Voice Kids Indonesia 2016. Seperti diketahui, ajang tersebut ditayangkan di Global TV dan sangat populer di kalangan masyarakat.

Nuca yang membawakan All of Me dari John Legend sukses menyita perhatian pemirsa layar kaca, tak terkecuali para juri. Setelah bergabung dengan tim Tulus dan melalui beragam tahapan, Nuca pun keluar sebagai juara kedua dari kompetisi tarik suara tersebut.

Bersama para finalis yang lain, Nuca kemudian berkesempatan untuk melakoni Sound of My Life (2017).

Menjadi Top 4 Indonesian Idol 2020

Memasuki tahun 2019, Nuca kembali hadir di layar kaca dalam Indonesian Idol yang tayang di RCTI. Ia pun berhasil lolos hingga menjadi Top 4 dan merupakan satu-satunya finalis pria yang bertahan dari babak sembilan besar hingga ke empat besar.

Sejak itu, Nuca lantas menerima kontrak kerja sama dengan perusahaan manajemen artis kepunyaan MNC Group, yakni Star Media Nusantara. Setengah tahun kemudian, Nuca mengeluarkan single duet bersama Mahalini, yang berjudul Aku yang Salah

Dan akhirnya, Nuca yang juga hobi main futsal itupun resmi menorehkan karyanya sebagai penyanyi dewasa.

Ramaikan Belantika Musik Indonesia

View this post on Instagram

A post shared by Raja Giannuca (@drunuca02)

Pada pertengahan 2021 lalu, Nuca mengeluarkan single bertajuk Kagum. Lagu ciptaan Andmesh tersebut mendapat sambutan hangat dari khalayak banyak. Tak hanya itu, lagu tersebut membuat Nuca masuk nominasi Pendatang Baru Terbaik dalam Anugerah Musik Indonesia 2021.

Berkolaborasi dengan Shakira Jasmine, Nuca juga menciptakan lagu yang berjudul Meant 2 Be (2021). Lagu dalam bahasa Inggris ciptaan mereka tersebut lantas dibawakan berdua dengan format duet. Dengan balutan musik Pop Ballad yang ringan, vibes dari lagu Meant 2 Be terdengar begitu lembut dan sukses menjadi favorit generasi muda.

Cukup lama merintis karier musiknya, Nuca telah berpartisipasi dalam tiga album kompilasi, yakni Aku Anak Indonesia (2018), serta Musikini Superhits dan Journey of Love yang rilis tahun 2022. Selain itu, ia juga berkolaborasi dengan para finalis Indonesian Idol lainnya dalam Indonesia Jaya (2020).

Baca Juga: Menelaah Perjalanan Karier Lyodra Ginting, Indonesian Idol Termuda

Karya Musik Diterima Masyarakat

Sejak kemunculannya, Nuca telah mempopulerkan berbagai single yang menjadi hits. Di tahun 2017, pria yang tinggi badannya mencapai 178cm ini sukses merilis sebuah single yang berjudul Untuk Ayah

Bersama Bryant dan Agnya, Nuca mengeluarkan Never Let You Go di tahun 2018. Demikian juga dengan lagu Bendera yang diluncurkannya pada tahun yang sama.

Beranjak ke tahun 2019, Nuca kembali meramaikan industri musik Tanah Air dengan lagu seperti Jadilah Pendampingku, Crolatte, serta Jatuh Hati. Namanya kian meroket sewaktu Aku yang Salah (2020) diterima dengan antusias oleh para penikmat musik Indonesia. 

Di tahun 2022 ini, Nuca kembali menggandeng Mahalini untuk berduet melantunkan lagu Janji Kita. Lagu tersebut kembali menuai sukses besar dan disukai banyak orang. 

Terbaru, pria yang diketahui mengidolakan Bruno Mars dan Bon Jovi ini lantas membawakan lagu Crolatte dengan versi terkininya.

Masuk Nominasi Sejumlah Penghargaan Bergengsi

View this post on Instagram

A post shared by Raja Giannuca (@drunuca02)

Karier Nuca yang telah dirintisnya sejak lama terus melejit. Berbagai lagu yang ia nyanyikan tak hanya dicintai penggemar. Kini nama Nuca jadi semakin diperhitungkan dalam kancah permusikan Indonesia. 

Di tahun 2021, nama Nuca masuk nominasi Pendatang Baru Terbaik dalam ajang Anugerah Musik Indonesia. Nuca menjadi nominator berkat lagu Kagum yang dinyanyikannya.

Bersama Mahalini, nama Nuca kembali masuk nominasi Collaboration of the Year dalam Indonesian Music Awards. Mahalini dan Nuca menjadi nominator berkat Aku yang Salah yang dibawakan dalam format duet. 

Kemudian di tahun 2022, duet Mahalini dan Nuca kembali jadi sorotan dan masuk nominasi. Kali ini keduanya masuk nominasi Kolaborasi Paling Ngetop dalam SCTV Music Awards.

Terjun ke Ranah Akting

Di tahun 2022 ini, Nuca berakting dalam film My Sassy Girl. Diarahkan oleh Fajar Bustomi, Nuca mempertunjukkan kebolehannya berakting dengan memerankan tokoh bernama Ifan.

Adapun My Sassy Girl merupakan remake film Korea Selatan dengan judul sama di tahun 2001 lalu. Film ini juga turut dibintangi oleh Tiara Andini serta Jefri Nichol.

Sementara dalam film Kopi Pahit (2022) arahan Herwin Novianto, Nuca berperan sebagai Joel. Dalam film orisinil KlikFilm ini, ia beradu akting dengan Mahalini Raharja yang kerap menjadi teman duetnya dalam bernyanyi.

Di samping hadir dalam layar lebar, Nuca muncul sebagai Reno dalam serial web, Have a Nice Date (2022). Web series yang diproduksi oleh Vision Pictures ini ditayangkan di saluran Vision+.

Sebelumnya, bintang iklan Honda Beat (2020) ini telah bermain dalam dua judul drama musikal. Di tahun 2017, ia membintangi serial drama musikal bertajuk Sound of My Life yang ditayangkan di Global TV. Setahun berikutnya, Nuca muncul dalam serial drama musikal lainnya, Cinta, Mengapa Kita Beda? (2018).

Kabarnya, Nuca akan kembali membintangi film berjudul Misi Kafe Biru. Dalam film besutan Falcon Pictures tersebut, ia akan bermain sebagai tokoh bernama Ary.

Sempat Digosipkan Berpacaran dengan Mahalini

View this post on Instagram

A post shared by Raja Giannuca (@drunuca02)

Duet Nuca dan Mahalini dalam Aku yang Salah membuat para fans bertanya-tanya terkait hubungan mereka. Pasalnya, chemistry di antara keduanya terlihat begitu kuat. Sehingga tersirat seolah keduanya lebih dari sekadar teman. 

Meski kerap dijodoh-jodohkan dengan Mahalini di babak Spektakuler, namun Nuca menegaskan bahwa mereka tak pernah berpacaran. Dan terlepas dari kerja sama dan kedekatan mereka, kini Mahalini telah resmi berpacaran dengan Rizky Febian. Sementara Nuca masih betah sendirian.

Mengecap Sukses di Usia Muda

Kini, nama Nuca semakin dikenal oleh masyarakat luas. Ketekunan dan konsistensinya bertahun-tahun merintis karier akhirnya berbuah manis. Tak hanya berkiprah sebagai penyanyi, Nuca bahkan telah berkecimpung di ranah akting.

Dicintai banyak penggemar, akun Instagram resminya, @drunuca02 telah diikuti oleh lebih dari 299 ribu followers. Sedangkan akun fanbase miliknya, @sobatnuca.id juga punya pengikut lebih dari 6 ribu followers.

Sementara saluran YouTube resminya, Nuca, kini telah mendapatkan lebih dari 100 ribu subscribers. Dengan karakter vokalnya yang khas, lembut dan juga matang, Nuca yang masih berumur 19 tahun ini sudah mengecap sukses dan kian melejit di ranah belantika musik Indonesia. 

Baca Juga: Pernah Manggung Dibayar Kecil, Kini Tiara Andini Sudah Bisa Beli Rumah Sendiri dari Bernyanyi

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
hide ads show ads
desktop mobile