Ahad 25 Sep 2022 16:35 WIB

NHC: Badai Ian akan Menguat Menjadi Angin Topan

Badai tropis Ian akan menjadi angin topan

Rep: Lintar Satria/ Red: Esthi Maharani
Hujan lebat akibat Badai Tropis di Amerika Serikat bagian timur.  Pusat Angin Topan Nasional (NHS) Amerika Serikat (AS) memperkirakan badai tropis Ian akan menjadi angin topan pada Ahad (25/9/2022)
Hujan lebat akibat Badai Tropis di Amerika Serikat bagian timur. Pusat Angin Topan Nasional (NHS) Amerika Serikat (AS) memperkirakan badai tropis Ian akan menjadi angin topan pada Ahad (25/9/2022)

REPUBLIKA.CO.ID, HAVANA -- Pusat Angin Topan Nasional (NHS) Amerika Serikat (AS) memperkirakan badai tropis Ian akan menjadi angin topan pada Ahad (25/9/2022). Kekuatan badai mencapai angin topan pada Senin (26/9/2022) malam sebelum mencapai barat Kuba.

NHS mengatakan pusat Ian diprediksi akan melewati barat daya Jamaika pada Ahad ini. Kemudian melewati atau bergerak di dekat Cayman Island pada Senin besok.

Lembaga itu menambahkan Ian kemudian bergerak ke dekat atau di atas Kuba pada Senin malam dan Selasa (27/9/2022) pagi. Lalu muncul di tenggara Teluk Meksiko.

NHC mengatakan badai ini terletak sekitar 635 kilometer sebelah barat daya Grand Cayman. Kecepatan anginnya maksimal 80 kilometer per jam.  

Sementara itu di Asia,  pihak berwenang Filipina mulai melakukan evakuasi warga yang tinggal di pinggir pantai karena badai kategori 3 yang mungkin mendarat di negara itu semakin menguat. Ratusan orang yang tinggal di Pulau Luzon juga tidak bisa melakukan perjalanan lewat laut.

Badan penanggulangan bencana mengatakan badai Noru menjadi badai super "setelah masa intensifikasi yang luar biasa". Kecepatan anginnya naik dari 120 kilometer per jam pada Sabtu kemarin menjadi 185 kilometer per jam pada Ahad.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement