Sabtu 01 Oct 2022 07:29 WIB

Timnas Indonesia U-17 Semakin Kompak Jelang Kualifikasi Piala AFC U-17 2023

Pelatih berusia 46 tahun itu mengaku diuntungkan dengan jadwal yang ada.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Pelatih timnas Indonesia U-17 Bima Sakti (kiri)
Foto: DOK PSSI
Pelatih timnas Indonesia U-17 Bima Sakti (kiri)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pelatih Timnas Indonesia U-17 Bima Sakti mengatakan persiapan tim menjelang Kualifikasi Piala AFC U-17 2023 semakin baik. Skuad Garuda Asia akan bertindak sebagai tuan rumah Grup B di Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor pada babak kualifikasi yang akan digelar pada 1-9 Oktober 2022. 

Skuad Garuda telah melakukan persiapan sejak awal bulan September ketika mereka menggelar pemusatan latihan (TC) di Yogyakarta pada 5 September hingga 25 September 2022. Saat itu, Bima Sakti memanggil 36 pemain untuk mengikuti pemusatan latihan dan seleksi pemain. Nantinya, hanya 23 pemain yang akan mengikuti kualifikasi ini.

Baca Juga

"Alhamdulillah persiapan semakin mendekat ke hari-H semua pemain dalam kondisi sehat dan baik. Kemarin kita TC sejak 5-25 di Yogyakarta. Selama persiapan kita melakukan 5 laga uji coba melawan tim-tim lokal dari akademi di Jawa timur dan Jawa tengah, semua pemain dalam kondisi siap," kata Bima dalam konferensi pers, Jumat (30/9/2022).

Bima mengungkapkan mayoritas pemain yang akan terlibat pada kualifikasi Piala AFC U-17 2023 adalah mereka yang sebelumnya sukses membawa Timnas Indonesia U-16 juara di Piala AFF U-16 2022. "Kami sengaja membawa mereka ke Bogor untuk menjaga kekompakan mereka sampai detik akhir," kata Bima.

Pelatih berusia 46 tahun itu mengaku diuntungkan dengan jadwal yang ada. Menurutnya itu akan menjadi kesempatan bagi tim pelatih untuk mempelajari kekuatan lawan. Laga perdana Indonesia adalah melawan Guam pada 3 Oktober, tapi Guam akan menghadapi Uni Emirat Arab di laga perdananya.

"Kita akan menugaskan pelatih untuk melihat pertandingan mereka dan kita lihat rekaman pertandingan mereka sebelumnya," kata Bima. "Kami juga setiap makan siang atau malam selalu kami putar pertandingan uji coba internasional dan laga di Arab Cup. Saya pikir mereka sudah ada gambaran pemain melawan tim yang lebih besar," tambahnya.

Senada dengan itu, Kapten Timnas Indonesia U-17, Iqbal Gwijangge juga menyebut timnya kian solid pasca menjuarai Piala AFF U-16 beberapa waktu lalu. "Alhamdulillah Kondisi tim semakin hari semakin baik, dari Yogyakarta ke Bogor chemistry semakin baik dan semoga bisa membawa hasil maksimal agar Indonesia bangga," kata Iqbal.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
اِذْ اَنْتُمْ بِالْعُدْوَةِ الدُّنْيَا وَهُمْ بِالْعُدْوَةِ الْقُصْوٰى وَالرَّكْبُ اَسْفَلَ مِنْكُمْۗ وَلَوْ تَوَاعَدْتُّمْ لَاخْتَلَفْتُمْ فِى الْمِيْعٰدِۙ وَلٰكِنْ لِّيَقْضِيَ اللّٰهُ اَمْرًا كَانَ مَفْعُوْلًا ەۙ لِّيَهْلِكَ مَنْ هَلَكَ عَنْۢ بَيِّنَةٍ وَّيَحْيٰى مَنْ حَيَّ عَنْۢ بَيِّنَةٍۗ وَاِنَّ اللّٰهَ لَسَمِيْعٌ عَلِيْمٌۙ
(Yaitu) ketika kamu berada di pinggir lembah yang dekat dan mereka berada di pinggir lembah yang jauh sedang kafilah itu berada lebih rendah dari kamu. Sekiranya kamu mengadakan persetujuan (untuk menentukan hari pertempuran), niscaya kamu berbeda pendapat dalam menentukan (hari pertempuran itu), tetapi Allah berkehendak melaksanakan suatu urusan yang harus dilaksanakan, yaitu agar orang yang binasa itu binasa dengan bukti yang nyata dan agar orang yang hidup itu hidup dengan bukti yang nyata. Sungguh, Allah Maha Mendengar, Maha Mengetahui.

(QS. Al-Anfal ayat 42)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement