Senin 03 Oct 2022 14:57 WIB

Indonesia Bersiap Akhiri Pandemi

Presiden meminta Menteri Kesehatan berkonsultasi ke WHO untuk akhiri status pandemi.

Red: Andri Saubani
Cosplayer berfoto pada acara Indonesia Comic Con 2022 di Jakarta Convention Center, Jakarta, Sabtu (1/10/2022). Acara tersebut kembali digelar setelah dua tahun akibat pandemi Covid-19 yang berlangsung hingga Ahad (2/10/2022). Republika/Putra M. Akbar
Foto:

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyampaikan, Presiden Jokowi memintanya untuk berkonsultasi dengan Dirjen WHO terkait kemungkinan pandemi Covid-19 segera berakhir. Meskipun belum dinyatakan berakhir, ia mengatakan, pemerintah bisa mengeluarkan kebijakan pelonggaran pengetatan protokol kesehatan.  

“Pak Presiden meminta saya untuk berkonsultasi dengan Dirjen WHO. Kalau ada kebijakan-kebijakan lokal mengenai pengurangan pengetatan dari prokes bisa dilakukan,” kata Menkes di Komplek Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin.

Namun, ia menyampaikan, keputusan mengenai berakhirnya pandemi Covid-19 tetap berada di tangan WHO atau Organisasi Kesehatan Dunia. WHO nantinya akan memberikan pengumuman secara resmi jika pandemi memang sudah dicabut.

“Khusus mengenai pandemi karena ini sifatnya dunia, nanti WHO yang akan memberikan timingnya kapan. Itu kan pandemi itu di WHO ada namanya public health emergency of international concern. Itu nanti biasanya kapan dicabutnya dia akan resmikan, di-publish resmi,” jelas Menkes Budi.

Saat ditanya terkait kebijakan lepas masker, Menkes Budi hanya menjawab hal itu merupakan keputusan dari Presiden.

 

In Picture: Penumpang Pesawat Ini Kenakan Pakaian APD Saat Mengudara

photo
Sejumlah penumpang yang mengenakan alat pelindung diri (APD) turun dari pesawat rute Samarinda-Jakarta di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Ahad (2/10/2022). Kementerian Kesehatan menyatakan Indonesia sedang bersiap menuju endemi berdasarkan parameter penilaian COVID-19 yang terus melandai. - (ANTARA/Akbar Nugroho Gumay)

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement