Rabu 05 Oct 2022 16:41 WIB

PUPR Mulai Bebaskan Lahan Bangun Flyover Nurtanio Bandung

Kementerian PUPR mulai membebaskan lahan untuk membangun flyover Nurtanio Bandung.

Rep: M Fauzi Ridwan/ Red: Bilal Ramadhan
Petugas menjaga pintu perlintasan kereta api di bawah flyover Jalan Ibrahim Adji, Kota Bandung. PUPR Mulai Bebaskan Lahan Untuk Flyover Nurtanio Bandung
Foto: Edi Yusuf/Republika
Petugas menjaga pintu perlintasan kereta api di bawah flyover Jalan Ibrahim Adji, Kota Bandung. PUPR Mulai Bebaskan Lahan Untuk Flyover Nurtanio Bandung

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mulai melakukan pembebasan lahan yang akan digunakan untuk pembangunan Flyover Nurtanio di Kota Bandung. Flyover yang akan berdiri di Jalan Abdul Rahman Saleh hingga Jalan Garuda dan melintasi jalur kereta api diharapkan dapat mengurai kemacetan.

"(Flyover) Nurtanio sedang kita proses pembebasan lahan tahun ini, saya dari kementerian PU lagi proses upraisal dan berkoordinasi dengan Pemkot Bandung untuk percepatan penlok (penetapan lokasi)," ujar Kepala Satuan Kerja (Kasatker) Pelaksanaan Jalan Nasional (PJN) Wilayah IV Provinsi Jawa Barat, Dedy Hariadi di Bandung, Rabu (5/10/2022).

Baca Juga

Ia menuturkan pihaknya sudah menyiapkan uang ganti rugi untuk pembebasan lahan Flyover Nurtanio. Jika penetapan lokasi selesai, maka diharapkan pada Januari tahun 2023 sudah dapat dibayarkan dan dilanjutkan dengan kontruksi.

Dedy mengatakan pihaknya menyiapkan anggaran untuk pembebasan lahan mencapai Rp 120 miliar lebih. Flyover tersebut berada di Jalan Abdul Rahman Saleh hingga ke Jalan Garuda melintasi rel kereta api.

"Nurtanio pelaksanaan 937 meter bentang kontruksi flyover 210 meter, untuk Nurtanio estimasti (anggaran) Rp 176 miliar," katanya.

Ia melanjutkan apabila pembayaran uang ganti rugi berjalan pada Januari tahun 2023 maka pembangunan akan selesai pada tahun 2024 kuartal kedua. Sebab pelaksanaan pembangunan direncanakan 14 bulan.

"Estimasti kita 14 bulan pelaksanaan, pelaksanaan awal Mei," katanya.

Dedy melanjutkan pihaknya berharap Flyover Nurtanio dapat mengurai kemacetan di Jalan Garuda dan Jalan Pajajaran. Selain itu, rel kereta api di jalur tersebut menjadi feeder jalur Padalarang ke Cileunyi.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَذَرِ الَّذِيْنَ اتَّخَذُوْا دِيْنَهُمْ لَعِبًا وَّلَهْوًا وَّغَرَّتْهُمُ الْحَيٰوةُ الدُّنْيَا وَذَكِّرْ بِهٖٓ اَنْ تُبْسَلَ نَفْسٌۢ بِمَا كَسَبَتْۖ لَيْسَ لَهَا مِنْ دُوْنِ اللّٰهِ وَلِيٌّ وَّلَا شَفِيْعٌ ۚوَاِنْ تَعْدِلْ كُلَّ عَدْلٍ لَّا يُؤْخَذْ مِنْهَاۗ اُولٰۤىِٕكَ الَّذِيْنَ اُبْسِلُوْا بِمَا كَسَبُوْا لَهُمْ شَرَابٌ مِّنْ حَمِيْمٍ وَّعَذَابٌ اَلِيْمٌ ۢبِمَا كَانُوْا يَكْفُرُوْنَ ࣖ
Tinggalkanlah orang-orang yang menjadikan agamanya sebagai permainan dan senda gurau, dan mereka telah tertipu oleh kehidupan dunia. Peringatkanlah (mereka) dengan Al-Qur'an agar setiap orang tidak terjerumus (ke dalam neraka), karena perbuatannya sendiri. Tidak ada baginya pelindung dan pemberi syafaat (pertolongan) selain Allah. Dan jika dia hendak menebus dengan segala macam tebusan apa pun, niscaya tidak akan diterima. Mereka itulah orang-orang yang dijerumuskan (ke dalam neraka), karena perbuatan mereka sendiri. Mereka mendapat minuman dari air yang mendidih dan azab yang pedih karena kekafiran mereka dahulu.

(QS. Al-An'am ayat 70)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement