Jumat 21 Oct 2022 00:05 WIB

Airlangga Hartarto Jadi Salah Satu Tokoh Penerima Priyadarshni Academy 2021

Airlangga dinilai berhasil menyeimbangkan pemulihan pandemi Covid-19 dengan ekonomi.

Red: Agus raharjo
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto (kedua kiri) saat menerima secara fisik penghargaan Priyadarshni Academy 2021, Kamis (20/10/2022).
Foto: Istimewa
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto (kedua kiri) saat menerima secara fisik penghargaan Priyadarshni Academy 2021, Kamis (20/10/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA—Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menjadi salah satu dari lima penerima Priyadarshni Academy 2021. Airlangga dinilai sebagai tokoh Indonesia yang memberikan kontribusi besar dalam pemulihan ekonomi nasional dan penanganan Covid-19. Bukan hanya untuk Indonesia, kiprah Airlangga juga dirasakan masyarakat India.

Selain Airlangga, ada empat tokoh lain yang menerima penghargaan atas kontribusinya di bidang masing-masing. Yakni Gautam Adani (Founder and Chairman Adani Group Ahmedabad, India); Sang-Hoon Bang (President & CEO The Chosunibo, Korea Selatan); Gurudev Sri Ravi Shankar (Founder The Art of Living Bengaluru, India); Lord Nicholas Stren (Chair Grantha Research Institute on Climate Change and Environment The London School of Economics, UK) dan; Baroness Sandip Verma (Chair UN Women dan Member of The House of Lords, UK). Penghargaan ini diterima Airlangga secara fisik dari India pada Kamis (20/10/2022).

Baca Juga

Turut hadir mendampingi Airlangga, Konjen RI di Mumbai, India Agus Prihatin Saptono. Sementara, penghargaan diserahkan langsung President, Indo-American Chamber of Commerce (Western Region) part of Priyadarshni Academy Mr Saurabh Shah.

Menteri Transportasi dan Jalan Raya India, Niti Gadkari menilai Airlangga layak menerima penghargaan Priyadarshni Academy Global Award for Outstanding Contribution to National Economic Recovery. Niti Gadkari memberikan pujian atas upaya Airlangga sebagai Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) di Indonesia yang berhasil menyeimbangkan penanganan pandemi Covid-19 dan pemulihan ekonomi.

Gadkari menilai, kebijakan yang dijalankan Airlangga selaras dengan filosofi dan Ilmu dari Guruji, penemu metode Yoga Ayurveda India. Yakni, menitikberatkan pada ketepatan dan keselarasan tubuh. "Komite Priyadarshini menilai reputasi Menteri Airlangga ini, karena berhasil menyeimbangkan pemulihan pandemi dan ekonomi secara bersamaan,” tutur Gadkari dalam keterangan, Kamis (20/10/2022).

Komite juga menilai Airlangga berkontribusi besar dalam memformulasikan langkah-langkah kebijakan yang koordinatif, komprehensif dan inklusif. Termasuk menggagas kebijakan bantuan kepada Pemerintah India dalam menanggulangi pandemi Covid-19 berupa bantuan oksigen.

Airlangga sendiri mengaku kondisi perekonomian Indonesia diproyeksikan sejalan dengan ekspektasi global terhadap pemulihan ekonomi dari dampak pandemi Covid-19. Indonesia mencatatkan pertumbuhan ekonomi tertinggi sejak krisis sub-prime mortgage atau terbaik dalam 16 tahun terakhir. Tren itu diharapkan terus berlanjut pada 2022.

Ketua Umum DPP Partai Golkar ini mengatakan, keberhasilan KPCPEN, karena kerja keras bersama banyak pihak. "Saya sangat tersanjung dan bersyukur menerima penghargaan ini, menjadi salah satu di antara semua penerima penghargaan yang terhormat, dan untuk bergabung dengan para pemenang penghargaan global 2021,” tutur Airlangga.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement