Jumat 21 Oct 2022 20:55 WIB

 Manfaat Wakaf di Dunia dan Akhirat

Wakaf adalah suatu cara dari Allah SWT untuk memberikan solusi persoalan umat.

Rep: Fuji Eka Permana/ Red: Agung Sasongko
Ilustrasi Inovasi Wakaf
Foto: Republika/Thoudy Badai
Ilustrasi Inovasi Wakaf

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Direktur Dakwah, Budaya dan Pelayanan Masyarakat Dompet Dhuafa, Ustaz Ahmad Shonhaji, menyampaikan manfaat wakaf di dunia dan akhirat. Hal tersebut disampaikannya saat Dompet Dhuafa bersama Hanamasa dan influencer yang menjadi suver voulenteer mengenalkan Wakaf Universe (Wakaferse) kepada publik.

Ustaz Shonhaji mengatakan, wakaf adalah suatu cara dari Allah SWT untuk memberikan solusi terhadap persoalan harta. Karena wakaf adalah investasi jangka panjang atau deposito tanpa jangka.

Baca Juga

"Harta yang diwakafkan ia akan tetap abadi, asetnya tetap dan pahalnya mengalir sampai hari kiamat," kata Ustaz Shonhaji kepada Republika di Hanamasa Lenteng Agung, Jakarta, Kamis (20/10/2022).

Ia mengajak masyarakat melakukan aktivitas sosial melalui wakaf. Wakaf tidak perlu dengan nilai yang cukup besar, karena wakaf bisa digotong bersama-sama melalui Dompet Dhuafa.

"Saya mengajak mudah-mudahan program Wakaferse ini menjadi suatu semangat untuk mengedukasi umat dan mengoptimalkan potensi wakaf sebagai daya dobrak mendekatkan kemandirian umat," ujar Ustaz Shonhaji.

Ustaz Shonhaji juga menjelaskan manfaat wakaf di dunia dan akhirat. Manfaat di dunia, Insya Allah manfaatnya untuk penerima manfaat wakaf atau mauquf 'alaih. Selain itu, Insya Allah akan ada kebahagiaan bagi orang yang berwakaf, karena dengan berwakaf bisa berbagi. Dengan berwakaf juga, ia memberikan edukasi mengenai betapa pentingnya harta untuk orang lain.

"Manfaat wakaf di akhirat sudah pasti, harta yang diwakafkan akan terus melimpah ruahkan pahala, baik semasa hidupnya samai ia meninggal dunia," jelas Ustaz Shonhaji.

Di tempat yang sama, Ketua Wakaferse Dompet Dhuafa, Sulis Tiqomah, mengatakan, sebelumnya Dompet Dhuafa mengusung tagline Wake Up Wakaf sejak 2019 sampai 2022. Sekarang Dompet Dhuafa mengusung tagline baru bernama Wakaferse.

"Wakaferse adalah inspirasi sebuah gerakan, untuk menggerakan wakaf seluas-luasnya, mensyiarkan wakaf seluas-luasanya," kata Sulis kepada Republika di Hanamasa Lenteng Agung, Jakarta, Kamis (20/10/2022).

Sulis mengatakan, dengan tagline Wakaferse, syiar tentang wakaf dibuat lebih luas lagi dari tahun-tahun sebelumnya. Dompet Dhuafa bertujuan membumikan wakaf, dan mengajak seluruh masyarakat sampai dunia mengenal wakaf.

Ia menyampaikan, sekarang wakaf sudah berkembang. Secara inovasi, program dan produk wakaf telah berkembag pesat. Dulu belum terkenal Cash Wakaf Linked Sukuk (CWLS), sekarang sudah ada. Bahkan sudah ada Sukuk Wakaf Ritel SWR-003.

"Namun secara literasi (wakaf) hari ini memang masih jauh sekali dibanding zakat, maka tugas Dompet Dhuafa mensyiarkan wakaf secara masif karena potensi wakaf Rp 180 Triliun, namun hari ini dengan banyaknya nadzir ada sekitar 400 nadzir baru terhimpun (potensi wakaf) totalnya Rp 1 triliun saja," ujar Sulis.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement