Ahad 27 Nov 2022 04:07 WIB

Dr Mariam Afifa, Ahli Bedah Saraf Muslimah Pertama di India

Mariam Afifa Ansari selalu bercita-cita menjadi seorang dokter.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Muhammad Hafil
Dr Mariam Afifa Ansari merupakan wanita pertama di India yang menjadi ahli bedah saraf
Foto: Siasat.com
Dr Mariam Afifa Ansari merupakan wanita pertama di India yang menjadi ahli bedah saraf

REPUBLIKA.CO.ID,HYDERABAD – Dr Mariam Afifa Ansari merupakan wanita pertama di India yang menjadi ahli bedah saraf. Hal itu diungkapkan oleh presiden negara bagian MSO Maharashtra.

Mariam Afifa Ansari selalu bercita-cita menjadi seorang dokter. Mimpinya menjadi kenyataan ketika dia mendapatkan peringkat ke-137 dalam ujian NEET India pada tahun 2020.

Baca Juga

“Sekarang saya telah menjadi Dr Afifa dari Miss Afifa dan impian saya untuk mengenakan jas putih dan memeriksa pasien dengan stetoskop telah menjadi kenyataan,” kata Mariam.

Sejak sekolah, dia selalu unggul. Mariam menyelesaikan pendidikan dasarnya di sekolah menengah Urdu di Malagao. Kemudian dia pergi ke Hyderabad. Di Hyderabad, dia belajar sampai kelas 10 di Sekolah Menengah Putri Rajkumari Durushevar. Saat itu, dia memenangkan medali emas di kelas 10.

Mariam mengambil Bachelor of Medicine & Bachelor of Surgery (MBBS) di Osmania Medical College. Lalu dia memperoleh gelar master dalam bedah umum dari perguruan tinggi yang sama. Selama program MBBS-nya, dia berhasil memperoleh lima medali emas.

Setelah menyelesaikan pendidikannya pada tahun 2017, dia berhasil mendapatkan tiket masuk gratis untuk master bedah umum di perguruan tinggi yang sama. Pada tahun 2019, dia menyelesaikan gelar pascasarjana, MRCS dari Royal College of Surgeons, Inggris.

Setahun kemudian dia menempuh Diploma Dewan Nasional.

Ini adalah gelar pascasarjana khusus yang diberikan kepada dokter spesialis di India. Setelah mendapat nilai tinggi dalam ujian NEET SS 2020, dia diberikan izin masuk gratis ke MCh di Osmania Medical College. “Kesuksesan saya adalah hadiah dari Allah dan sekarang menjadi tanggung jawab saya,” ucap dia.

Melalui profesinya, Mariam akan berusaha mengabdi kepada masyarakat. “Jangan menyerah, jangan pernah biarkan siapa pun memberi tahu Anda bahwa Anda tidak dapat melakukannya. Buktikan bahwa omongan mereka salah,” tambahnya.

Dilansir Siasat, Sabtu (26/11/2022), ibu Mariam merupakan ibu tunggal yang bekerja sebagai guru. Sang ibu sangat bangga atas pencapaiannya putrinya. Selain studi, Mariam juga unggul dalam bidang lain, seperti seni lukis, kaligrafi, dan ajaran Islam.

Kerja keras Mariam yang tidak berhenti telah membantunya melewati setiap rintangan di jalan menuju kesuksesan. Dr Mariam Afifa Ansari adalah inspirasi bagi generasi muda di India dan dunia. 

Sumber:

https://www.siasat.com/mbbs-pass-out-from-hyderabad-becomes-indias-1st-female-muslim-neurosurgeon-2462293/

Suka Pakai Aplikasi Paylater? Favorit Kamu yang Mana?

  • LinkAja Paylater
  • Shopee Paylater
  • GoPaylater
  • Traveloka Paylater
  • Akulaku Paylater
  • JULO Paylater
  • Blibli Paylater
  • Tidak Pakai Paylater
Array ( [__ci_last_regenerate] => 1686125563 )
Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
كَانَ النَّاسُ اُمَّةً وَّاحِدَةً ۗ فَبَعَثَ اللّٰهُ النَّبِيّٖنَ مُبَشِّرِيْنَ وَمُنْذِرِيْنَ ۖ وَاَنْزَلَ مَعَهُمُ الْكِتٰبَ بِالْحَقِّ لِيَحْكُمَ بَيْنَ النَّاسِ فِيْمَا اخْتَلَفُوْا فِيْهِ ۗ وَمَا اخْتَلَفَ فِيْهِ اِلَّا الَّذِيْنَ اُوْتُوْهُ مِنْۢ بَعْدِ مَا جَاۤءَتْهُمُ الْبَيِّنٰتُ بَغْيًا ۢ بَيْنَهُمْ ۚ فَهَدَى اللّٰهُ الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا لِمَا اخْتَلَفُوْا فِيْهِ مِنَ الْحَقِّ بِاِذْنِهٖ ۗ وَاللّٰهُ يَهْدِيْ مَنْ يَّشَاۤءُ اِلٰى صِرَاطٍ مُّسْتَقِيْمٍ
Manusia itu (dahulunya) satu umat. Lalu Allah mengutus para nabi (untuk) menyampaikan kabar gembira dan peringatan. Dan diturunkan-Nya bersama mereka Kitab yang mengandung kebenaran, untuk memberi keputusan di antara manusia tentang perkara yang mereka perselisihkan. Dan yang berselisih hanyalah orang-orang yang telah diberi (Kitab), setelah bukti-bukti yang nyata sampai kepada mereka, karena kedengkian di antara mereka sendiri. Maka dengan kehendak-Nya, Allah memberi petunjuk kepada mereka yang beriman tentang kebenaran yang mereka perselisihkan. Allah memberi petunjuk kepada siapa yang Dia kehendaki ke jalan yang lurus.

(QS. Al-Baqarah ayat 213)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement