Jumat 02 Dec 2022 02:27 WIB

Murid Sekolah di Inggris Lakukan Tur Lintas Agama ke Masjid

Para siswa bisa mengenal budaya dan pengetahuan Islam.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Dwi Murdaningsih
Ilustrasi Masjid
Foto: Republika
Ilustrasi Masjid

REPUBLIKA.CO.ID, BLACKBURN -- Murid-murid dari sekolah Darwen di Inggris mengunjungi masjid Madinah di Blackburn. Kegiatan ini dilakukan untuk mengetahui lebih banyak tentang Islam dan kehidupan sehari-hari para jamaahnya.

 

Kunjungan tersebut merupakan bagian dari kursus Kewarganegaraan GCSE yang diajarkan di Darwen Aldridge Enterprise Studio School (DAES). Siswa dari Kelas 9, 10 dan 11 ini disambut oleh Kepala Sekolah Madrasah, Maulana Abbas, yang memimpin tur masjid.

 

Dalam kegiatan itu juga dilakukan pembacaan beberapa puisi Islam, sastra dan Alquran. Di akhir kunjungan, para siswa diajak oleh Imam untuk mengikuti sesi tanya jawab, yang kemudian dilanjutkan dengan mencicipi makanan yang disiapkan oleh guru IPA Hussain.

 

Ini adalah pertama kalinya beberapa murid menginjakkan kaki di dalam masjid. Salah satu guru yang turut hadir, Arnone, mengatakan ini merupakan pengalaman yang luar biasa dalam berbagi budaya dan pengetahuan tentang keyakinan Islam.

 

“Kunjungan masjid dan Imam sangat ramah. Sangat menyenangkan melihat siswa kami begitu terlibat dalam proses tersebut," ujar dia dikutip di Lancashire Telegraph, Kamis (1/12/2022).

 

Ia menyebut masjid merupakan tempat yang sangat ramah. Kesan positif sudah terasa mulai dari momen mereka masuk dan menginjakkan kaki di dalamnya hingga mereka pergi. Ia merasa terpesona oleh keindahan ruang shalat dan pendidikan yang berlangsung di masjid.

 

Imam yang menjamu mereka mengilhami para siswa untuk berpikir tentang budaya dan kepercayaan lain. Imam juga secara terbuka berbicara tentang imannya dan perjalanannya menjadi seorang Imam.

 

"Secara keseluruhan, ini adalah pengalaman yang akan saya rekomendasikan kepada siapa pun, apa pun kepercayaan mereka," lanjutnya.

 

Sementara itu, Imam Maulana Abbas menyebut dirinya benar-benar menikmati kegiatan tersebut dan menghabiskan waktu dengan semua siswa dan staf sekolah. Siswa yang datang disebut menunjukkan sikap menghormati dan pujian diberikan kepada pihak sekolah.

 

"Para guru melakukan pekerjaan yang luar biasa dan saya harap kami dapat mengadakan lebih banyak acara seperti ini untuk semua orang. Kerja bagus untuk semua yang terlibat," katanya.

 

Kepala Sekolah, Colin Grand, mengatakan kegiatan ini merupakan kesempatan besar bagi siswa untuk mengembangkan pengetahuan budaya mereka. Ia pun menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat, karena telah membuat pengalaman ini paling berkesan.

 

Kunjungan seperti ini disebut melengkapi kurikulum dan mengembangkan generasi muda dengan pengetahuan mereka yang lebih luas. "Kami berharap dapat mengembangkan kemitraan lebih lanjut dengan Masjid Madinah untuk peluang di masa depan," ucap dia. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement