Rabu 07 Dec 2022 23:54 WIB

Kevin/Marcus tak Pusingkan Lengser dari Peringkat Satu Dunia

Kevin/Marcus turun takhta dari posisi satu dunia pada 20 September 2022

Rep: Antara/ Red: Christiyaningsih
Marcus Fernaldi GIDEON (depan) dan Kevin Sanjaya SUKAMULJO (belakang) dari Indonesia beraksi saat pertandingan final ganda putra melawan rekan senegaranya Fajar ALFIAN dan Muhammad Rian ARDIANTO dari Indonesia di turnamen Bulu Tangkis Terbuka Denmark di Odense, Denmark, 23 Oktober 2022.
Foto: EPA-EFE/Claus Fisker
Marcus Fernaldi GIDEON (depan) dan Kevin Sanjaya SUKAMULJO (belakang) dari Indonesia beraksi saat pertandingan final ganda putra melawan rekan senegaranya Fajar ALFIAN dan Muhammad Rian ARDIANTO dari Indonesia di turnamen Bulu Tangkis Terbuka Denmark di Odense, Denmark, 23 Oktober 2022.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Ganda putra Indonesia Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon tak terlalu memusingkan dengan posisi mereka saat ini yang tidak lagi menghuni peringkat satu dunia. Kevin/Marcus turun takhta dari posisi satu dunia pada 20 September 2022 setelah selama 214 pekan secara beruntun menguasai puncak peringkat BWF.

Pasangan berjuluk The Minions itu tergeser oleh pasangan Jepang Takuro Hoki/Yugo Kobayashi ke posisi kedua. Namun Kevin/Marcus mengaku tak masalah dengan hal itu. Menurut mereka, yang terpenting adalah penampilan dan hasil pada tiap turnamen.

Baca Juga

"Kami ingin lebih fokus ke hasil tiap turnamen, tidak mau memikirkan peringkat, sama saja lah. Toh kalau hasilnya bagus, peringkat juga akan otomatis naik," ujar Kevin kepada media di Jakarta, Rabu (7/12/2022).

Setelah merasakan total 226 pekan di puncak peringkat BWF, ganda putra Indonesia tersebut mengalami penurunan performa dan belum merengkuh satu gelar pun pada tahun ini. Kondisi itu ditambah Marcus juga sedang menjalani pemulihan cedera sehingga mereka beberapa kali melewatkan turnamen.

Dari 15 turnamen yang telah dijalani tahun ini, capaian terbaik mereka adalah runner-up Denmark Open 2022 pada Oktober lalu setelah kalah dari rekan pelatnas, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto. The Minions terakhir kali naik podium teratas pada Indonesia Open 2021 di Bali.

Kevin pun mengakui bahwa persaingan ganda putra dunia semakin sulit termasuk dengan sesama ganda putra Indonesia. "Sekarang lawan sudah makin bagus semua sehingga kami harus bisa meningkatkan (kualitas) diri," ucap Kevin.

"Enggak, kami tidak terancam sama sekali dengan ganda putra Indonesia lainnya. Justru semakin banyak musuh akan lebih banyak tarikan dan semangat bagi kami. Jadi motivasinya lebih besar karena banyak saingan yang mengejar," kata Marcus menambahkan.

Kevin/Marcus siap kembali melakoni rangkaian kompetisi tur dunia BWF pada tahun depan, diawali dengan Malaysia Open pada 10-15 Januari 2023, India Open (17-22 Januari), dan Indonesia Masters 2023 (24-29 Januari).

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
ثُمَّ قَفَّيْنَا عَلٰٓى اٰثَارِهِمْ بِرُسُلِنَا وَقَفَّيْنَا بِعِيْسَى ابْنِ مَرْيَمَ وَاٰتَيْنٰهُ الْاِنْجِيْلَ ەۙ وَجَعَلْنَا فِيْ قُلُوْبِ الَّذِيْنَ اتَّبَعُوْهُ رَأْفَةً وَّرَحْمَةً ۗوَرَهْبَانِيَّةَ ِۨابْتَدَعُوْهَا مَا كَتَبْنٰهَا عَلَيْهِمْ اِلَّا ابْتِغَاۤءَ رِضْوَانِ اللّٰهِ فَمَا رَعَوْهَا حَقَّ رِعَايَتِهَا ۚفَاٰتَيْنَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا مِنْهُمْ اَجْرَهُمْ ۚ وَكَثِيْرٌ مِّنْهُمْ فٰسِقُوْنَ
Kemudian Kami susulkan rasul-rasul Kami mengikuti jejak mereka dan Kami susulkan (pula) Isa putra Maryam; Dan Kami berikan Injil kepadanya dan Kami jadikan rasa santun dan kasih sayang dalam hati orang-orang yang mengikutinya. Mereka mengada-adakan rahbaniyyah, padahal Kami tidak mewajibkannya kepada mereka (yang Kami wajibkan hanyalah) mencari keridaan Allah, tetapi tidak mereka pelihara dengan semestinya. Maka kepada orang-orang yang beriman di antara mereka Kami berikan pahalanya, dan banyak di antara mereka yang fasik.

(QS. Al-Hadid ayat 27)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement