Selasa 20 Dec 2022 06:41 WIB

Tol Cisumdawu Siap Beroperasi Jelang Libur Nataru 2023

DPRD Jabar: Ekonomi Jawa Barat tentu akan menggeliat jauh lebih besar.

Red: Rahmat Santosa Basarah
   DPRD Jabar: Ekonomi Jawa Barat tentu akan menggeliat jauh lebih besar.
Foto: DPRD Jabar
DPRD Jabar: Ekonomi Jawa Barat tentu akan menggeliat jauh lebih besar.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan atau Cisumdawu, akan segera difungsikan pada akhir Desember 2022. Dua seksi tambahan yang dibuka yakni seksi dua dan seksi tiga, untuk mendukung kelancaran jalur transportasi saat libur Natal dan Tahun Baru 2023 mendatang. “Fase dua dan tiga barusan dijelaskan (BPJT), itu jelang natal dan tahun baru akan difungsikan”, ujar Anggota Komisi IV DPRD Provinsi Jawa Barat, Daddy Rohanady, saat konsultasi Komisi IV DPRD Jabar ke Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) di Jakarta, dalam siaran pers DPRD Jabar. 

Daddy menambahkan total akan ada tiga seksi tol Cisumdawu yang dioperasikan yakni seksi satu yang menghubungkan Cileunyi - Pamulihan sepanjang 11,45 KM. Sementara itu lanjut Daddy, terdapat seksi dua menghubungkan Pamulihan – Sumedang sepanjang 17,05 KM, sedangkan seksi tiga menghubungkan Sumedang – Cimalaka sepanjang 4,05 KM. 

Tol Cisumdawu sendiri diharapkan menjadi akses untuk meningkatkan fungsi Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati. Daddy mengatakan jika Tol Cisumdawu diopersionalkan secara penuh, BIJB Kertajati diharapkan berfungsi secara lebih maksimal. “Kalau jalan tol operasional semuanya, bandara running well semua, saya kira ekonomi Jawa Barat tentu akan menggeliat jauh lebih besar”, jelas Daddy. 

Daddy menakankan  Jalan Tol Cisumdawu mempunyai peranan yang sangat strategis sehingga penyelesaian seluruh seksi ruas Tol Cisumdawu yang panjangnya mencapai 61,72 kilometer tersebut sangat diharapkan dapat tuntas dalam waktu dekat. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement