Ahad 25 Dec 2022 16:32 WIB

Air Bersih Langka, Masyarakat di Pesisir Bangladesh Meminum Air Hujan

Warga pesisir menanggung beban paling berat dari bencana alam dan perubahan iklim.

Rep: Mabruroh/ Red: Andri Saubani
Antre air bersih (ilustrasi)
Foto: AP
Antre air bersih (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, DHAKA — Bangun sebelum subuh setiap hari, Tamanna Akter Akhi hingga saat ini biasa berjalan kaki sejauh 2 km untuk mengumpulkan air minum segar untuk keluarganya. Seperti banyak gadis lain di daerah pesisir barat daya Bangladesh, di mana masyarakat menanggung beban paling berat dari bencana alam dan perubahan iklim.

Akhi, sekarang siswa sekolah menengah, tinggal di wilayah Gabura dan Padmapukur di distrik Satkhira, di Delta Gangga yang pada 2009 hancur akibat Topan Aila, yang merusak dan mencemari semua sumber air permukaan di daerah tersebut. Peningkatan salinitas telah menyebabkan migrasi massal karena orang tidak lagi dapat mengolah tanah mereka karena krisis air tawar yang akut, yang segera juga menyebabkan wabah penyakit

Baca Juga

 

Sekitar 16 ribu keluarga tetap tinggal di wilayah tersebut dan butuh waktu bertahun-tahun untuk beradaptasi dengan kondisi yang berubah. Komunitas Akhi melakukannya dengan mulai memanen air hujan. Reservoir yang terdekat dengan rumahnya dipasang di Sekolah Menengah Gabura GLM miliknya pada tahun 2018.

“Di waduk plastik besar ini, air hujan disimpan selama musim hujan. Otoritas sekolah menyiapkan atap bangunan untuk menampung air hujan dan mengawetkannya untuk kami gunakan,” kata Akhi dilansir dari Arab News, Ahad (25/12).

“Pada jam sekolah, masing-masing siswa meminum dua gelas air dari tanaman pemanen air hujan. Kami tetap sangat berhati-hati untuk tidak menyia-nyiakan setetes air yang berharga ini karena air minum lebih berharga dari apa pun,” kata dia.

Teman sekolahnya, Nasirul Kabir, mengenang bagaimana dulu anak-anak jatuh sakit ketika tidak ada air bersih untuk diminum. 

“Banyak dari kami, termasuk saya, pernah jatuh sakit karena berbagai penyakit yang terbawa air hampir setiap minggu,” katanya.

“Tadi kami harus membawa teko air dari rumah saat datang ke kelas. Berjalan melalui jalan desa yang sempit membawa buku dan air tidaklah mudah. Sekarang, kami hanya membawa buku saat datang ke sekolah,” kata dia.

Tetapi jumlah hujan yang dipanen terbatas dan sejauh ini hanya 50 persen penduduk lokal yang memiliki akses ke sana, menurut perkiraan Amjad Hossain, seorang pejabat tinggi pemerintah daerah di Padmapukur.

“Pemerintah menyediakan beberapa tandon plastik untuk menampung air hujan. Tetapi pasokannya sangat buruk dibandingkan dengan permintaan. Tahun ini, saya menyediakan tiga waduk untuk rakyat saya, sementara ada permintaan sekitar 2.000,” katanya kepada Arab News.

 

Mereka yang tidak memiliki instalasi pemanenan hujan harus membeli air dari instalasi pengolahan air swasta. Dan biaya telah meningkat seiring dengan masalah salinitas.

“Semuanya air asin, tidak peduli seberapa dalam kita menggali,” kata Hossain, menambahkan bahwa untuk 30 sen AS yang mereka bayarkan untuk 20 liter air olahan sudah terlalu banyak.

“Sebagian besar orang di sini termasuk dalam kategori sangat miskin. Mereka tidak mampu membeli air minum, jadi mereka terpaksa mengangkut air minum dari tempat yang jauh setiap hari. Ini tantangan sehari-hari bagi orang-orang di daerah saya,” tambahnya.

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement