Jumat 30 Dec 2022 21:26 WIB

Menko PMK: Tindak Tegas Kendaraan tidak Layak Jalan

Menko PMK Muhadjir Effendi minta agar menindak tegas kendaraan yang tidak laik jalan.

Red: Bilal Ramadhan
Menko PMK Muhadjir Effendi minta agar menindak tegas kendaraan yang tidak laik jalan.
Foto: ABDAN SYAKURA/REPUBLIKA
Menko PMK Muhadjir Effendi minta agar menindak tegas kendaraan yang tidak laik jalan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendi bersama Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengunjungi Pos Polisi Cikopo KM 72, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat pada Jum'at (30/12/2022).

Pada kunjungannya tersebut Menko Muhadjir melihat bagaimana kesiapan para petugas untuk penanganan arus pergerakan kendaraan selama hari libur Natal dan Tahun Baru 2023.

Baca Juga

Ia menyebut kesiapan para petugas sudah sangat matang dalam melakukan koordinasi penanganan arus kendaraan serta meminta para petugas mendapatkan jaminan perbekalan yang mencukupi sehingga dapat memberikan pelayanan terbaik.

"Semua mohon disiapkan dan jangan lupa untuk para petugas harus mendapatkan jaminan perbekalan dan berbagai macam kebutuhan supaya kondisinya tetap prima, sehat, serta dapat memberikan pelayanan terbaik," jelas Muhadjir.

Selain itu, ia juga mewanti-wanti terkait cuaca buruk yang sedang terjadi akhir-akhir ini karena sangat berisiko bagi para pejalan baik kendaraan pribadi maupun rombongan.

Kondisi cuaca buruk tersebut jika tidak didukung dengan kendaraan yang layak maka akan berakibat fatal nantinya. Diperlukan pemeriksaan kendaraan secara cermat baik kendaraan pribadi maupun kendaraan bis wisata yang tidak layak jalan, perlu ditindak secara tegas.

"Karena risiko kecelakaan yang sering terjadi adalah kendaraan bis yang sudah tidak layak jalan dipaksakan untuk mengantar rombongan yang akan menikmati tahun baru," Tuturnya.

"Sehingga yang didapat bukan kenikmatan tetapi malapetaka kesedihan karena hanya teledor tidak memperhatikan kondisi kendaraan yang ditumpangi," Lanjut Muhadjir.

Selaras dengan hal tersebut, Menhub Budi menghimbau kepada para petugas untuk selalu siap siaga dalam mengantisipasi kemungkinan-kemungkinan yang terjadi dilapangan serta untuk kepada para pengendara tetap berhati-hati selama di jalan.

"Kita juga harus terus siap siaga untuk mengantisipasi kemungkinan-kemungkinan yang terjadi di lapangan yang tidak terduga sebelumnya dan bagi para pengendara tetap berhati-hati selama di jalan sehingga kita semua dapat bergembira merayakan momen tahun baru ini," ucapnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement