Rabu 04 Jan 2023 12:17 WIB

Serapan Aggaran Kemenhub Tahun 2022 di Angka 97,69 Persen

Sejak 2019 hingga 2022, capaian realisasi belanja Kemenhub meningkat.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi yakin Indonesia pun mampu mengekspor kendaraan listrik.
Foto: Antara
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi yakin Indonesia pun mampu mengekspor kendaraan listrik.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mencatatkan realisasi kinerja anggaran tahun 2022 mencapai 97,69 persen. Serapan anggaran itu setara Rp 32,63 triliun dari total alokasi anggaran sebesar Rp 33,41 triliun.

"Ini bukti dari komitmen kami untuk terus melakukan pembangunan infrastruktur dengan tata kelola yang baik, meskipun ada beberapa tantangan, termasuk situasi pandemi," kata Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi di Jakarta, Rabu (4/1/2023).

Budi menyampaikan, dari tahun ke tahun capaian realisasi belanja Kemenhub meningkat dari tahun 2019 sebesar 92 persen menjadi tahun 2020 (95,59 persen). Kemudian, pada 2021 (97,19 persen) dan tahun 2022 (97,69 persen) atau melebihi target sebesar 97,25 persen.

Budi mengatakan, pengelolaan APBN dilakukan dengan menentukan skala prioritas dan memastikan pekerjaan tepat sasaran dan berdampak langsung bagi masyarakat. Adapun sejumlah infrastruktur transportasi selesai dibangun Kemenhub pada 2022.

Di antaranya, Pelabuhan Penyeberangan dan Kapal Penyeberangan di Danau Toba Sumut, Wakatobi Sulawesi Tengah, dan kawasan segitiga emas (Sanur, Nusa Penida, Nusa Ceningan) Bali. Kemudian, pembangunan jalur kereta di Pulau Sumatra, Jawa dan Sulawesi, serta pengadaan transportasi kereta perkotaan, baik kereta, stasiun, dan keretanya.

Beberapa yang telah selesai dibangun dan dioperasikan tahun ini, mencakup Stasiun Pondok Ranji, Stasiun Manggarai tahap 1 dan Kereta Maros-Garongkong yang menjadi bagian dari proyek Kereta Makassar-Parepare. Selanjutnya,membangun pelabuhan dan bandara baru seperti Pelabuhan Sanur, Bandara Trunojoyo di Kabupaten Sumenep Jatim, dan Bandara Komodo di Labuan Bajo NTT.

Pada tahun 2022 sejumlah pembangunan yang masih terus dilakukan dan mulai dikerjakan. Di antaranya, LRT Jabodebek, Kereta Cepat Jakarta-Bandung, MRT Jakarta, proving ground pengujian kendaraan bermotor berstandar internasional di Bekasi, Pelabuhan Patimban, Pelabuhan Anggrek, pembangunan bandara, serta revitalisasi terminal tipe A di beberapa daerah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement