Rabu 18 Jan 2023 11:13 WIB

FTUI Tambah Fasilitas Energi Baru Terbarukan

FTUI berkomitmen untuk mengurangi emisi karbon sebagai upaya pelestarian lingkungan.

Red: Fuji Pratiwi
Seorang pekerja membersihkan panel surya (ilustrasi). Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI) menambah fasilitas energi baru dan terbarukan sebagai komitmen dan konsistensi dalam pengelolaan lingkungan hidup terbaik di lingkungan kampus.
Foto: ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi
Seorang pekerja membersihkan panel surya (ilustrasi). Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI) menambah fasilitas energi baru dan terbarukan sebagai komitmen dan konsistensi dalam pengelolaan lingkungan hidup terbaik di lingkungan kampus.

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI) menambah fasilitas energi baru terbarukan sebagai komitmen dan konsistensi dalam pengelolaan lingkungan hidup terbaik di lingkungan kampus.

Dekan FTUI Heri Hermansyah di Kampus UI Depok, Rabu (18/1/2023), mengatakan, saat ini pengelolaan perguruan tinggi sebagai pusat perwujudan ekonomi hijau terus dilakukan. FTUI berkomitmen untuk mengurangi emisi karbon sebagai upaya pelestarian lingkungan.

Baca Juga

"Beberapa upaya yang terus kami jaga dan tingkatkan adalah mengurangi sampah, serta menghemat penggunaan air dan energi serta menerapkan berbagai inovasi untuk menggantikan pemanfaatan energi fosil ke arah energi terbarukan," kata Heri. 

Pada 2022, FTUI melakukan pemasangan satu unit wind turbine yang berlokasi di Gedung Pasca Sarjana (Engineering Center). Wind turbine yang terpasang ini, memiliki kapasitas 300 watt. Energi listrik yang dihasilkan oleh kedua wind turbine tersebut digunakan untuk lampu penerangan yang ada di atap gedung Pasca Sarjana.

"Pemasangan wind turbine itu melengkapi fasilitas energi baru terbarukan yang ada di Kampus FTUI Depok," ujar Heri.

Sebelumnya, FTUI juga telah memiliki tiga Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS), PLTS yang berlokasi di Gedung Engineering Center, PLTS Solar PV 101 kWp pada rooftop Gedung Integrated Creative Engineering Learning Lab (i-CELL) yang mampu menghasilkan 30 persen energi listrik untuk gedung. Selain itu Floating Solar Photovoltaic atau dikenal dengan pembangkit listrik tenaga surya terapung bifasial (dua sisi) yang terpasang di Danau Mahoni UI. PLTS terapung ini memiliki 36 panel surya bifasial yang saat beroperasi penuh menghasilkan listrik 10.000 hingga 13.000 watt peak.

Dengan konsistensi tersebut FTUI meraih penghargaan yaitu sebagai The Most Sustainable Faculty in Universitas Indonesia versi UI GreenMetric World University Ranking 2022. Penghargaan bergengsi ini, telah lima tahun berturut-turut diraih FTUI sejak 2018.

 

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
۞ وَالْوَالِدٰتُ يُرْضِعْنَ اَوْلَادَهُنَّ حَوْلَيْنِ كَامِلَيْنِ لِمَنْ اَرَادَ اَنْ يُّتِمَّ الرَّضَاعَةَ ۗ وَعَلَى الْمَوْلُوْدِ لَهٗ رِزْقُهُنَّ وَكِسْوَتُهُنَّ بِالْمَعْرُوْفِۗ لَا تُكَلَّفُ نَفْسٌ اِلَّا وُسْعَهَا ۚ لَا تُضَاۤرَّ وَالِدَةٌ ۢبِوَلَدِهَا وَلَا مَوْلُوْدٌ لَّهٗ بِوَلَدِهٖ وَعَلَى الْوَارِثِ مِثْلُ ذٰلِكَ ۚ فَاِنْ اَرَادَا فِصَالًا عَنْ تَرَاضٍ مِّنْهُمَا وَتَشَاوُرٍ فَلَا جُنَاحَ عَلَيْهِمَا ۗوَاِنْ اَرَدْتُّمْ اَنْ تَسْتَرْضِعُوْٓا اَوْلَادَكُمْ فَلَا جُنَاحَ عَلَيْكُمْ اِذَا سَلَّمْتُمْ مَّآ اٰتَيْتُمْ بِالْمَعْرُوْفِۗ وَاتَّقُوا اللّٰهَ وَاعْلَمُوْٓا اَنَّ اللّٰهَ بِمَا تَعْمَلُوْنَ بَصِيْرٌ
Dan ibu-ibu hendaklah menyusui anak-anaknya selama dua tahun penuh, bagi yang ingin menyusui secara sempurna. Dan kewajiban ayah menanggung nafkah dan pakaian mereka dengan cara yang patut. Seseorang tidak dibebani lebih dari kesanggupannya. Janganlah seorang ibu menderita karena anaknya dan jangan pula seorang ayah (menderita) karena anaknya. Ahli waris pun (berkewajiban) seperti itu pula. Apabila keduanya ingin menyapih dengan persetujuan dan permusyawaratan antara keduanya, maka tidak ada dosa atas keduanya. Dan jika kamu ingin menyusukan anakmu kepada orang lain, maka tidak ada dosa bagimu memberikan pembayaran dengan cara yang patut. Bertakwalah kepada Allah dan ketahuilah bahwa Allah Maha Melihat apa yang kamu kerjakan.

(QS. Al-Baqarah ayat 233)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement