Sabtu 21 Jan 2023 16:10 WIB

Bingung Memilih Provider Internet? Cek Ini Dulu

Perlu pertimbangkan beberapa hal sebelum menentukan provider internet.

Rep: Santi Sopia/ Red: Natalia Endah Hapsari
Tiga pekerja menyelesaikan pemasangan antena salah satu provider internet di Kawasan Kota Tua Jakarta. (ilustrasi)
Foto: Antara/Wahyu Putro A
Tiga pekerja menyelesaikan pemasangan antena salah satu provider internet di Kawasan Kota Tua Jakarta. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --- Buntut pandemi Covid-19, banyak orang harus bekerja dari rumah (WFH). Alhasil, peran jaringan internet menjadi kian signifikan. Sampai saat ini, rapat zoom, streaming film, dan menghabiskan lebih banyak waktu di internet juga menjadi kebiasaan umum.

Penting untuk menentukan penyedia internet terbaik di rumah dengan membandingkan banyak opsi seperti jenis layanan internet, kecepatan unduh dan unggah megabit. Berikut beberapa tip yang bisa dipertimbangkan saat memilih penyedia internet terbaik, seperti dilansir dari laman Forbes, Sabtu (21/1/2023).

Baca Juga

1. Tentukan Penyedia yang Tersedia di Area Anda

Banyak penyedia internet menawarkan layanan secara nasional, tetapi itu tidak berarti bahwa layanan mereka tersedia di semua kode pos. Jadi tentukan penyedia internet mana yang menawarkan layanan dalam kode pos Anda sebelum membuat keputusan terkait internet lainnya.

 

2. Identifikasi Kebutuhan Anda

Penyedia internet dan paket yang dipilih harus bergantung pada apa sebenarnya yang Anda rencanakan untuk menggunakan internet. Jika hanya menjelajahi web dan memeriksa pesan elektronik, misalnya, Anda mungkin dapat menggunakan internet berkecepatan terendah yang tersedia. Jika akan melakukan streaming video dan atau bermain game, sebaiknya memilih opsi internet berkecepatan lebih tinggi.

 

3. Nilai Harganya

Sekarang setelah mengidentifikasi kebutuhan berbasis internet, gunakan data yang telah Anda kumpulkan untuk membandingkan harga setiap paket yang memenuhi kriteria. Anda harus mempertimbangkan biaya per bulan, tetapi juga dana yang mungkin kurang jelas pada pandangan pertama seperti biaya peralatan, penyiapan, pemasangan, dan melebihi batas data jika ada. Anda juga dapat melihat kemungkinan menggabungkan paket internet dengan paket telepon dan TV. Ini bisa membuat jauh lebih murah dalam jangka panjang.

 

4. Perhatikan Fitur Khusus

Beberapa penyedia layanan internet menawarkan routers nirkabel gratis, alih-alih meminta pengguna membeli peralatan baru. Ini bisa menghemat banyak uang. Penyedia layanan lain mungkin menawarkan barang gratis seperti layanan pencadangan daring, hosting situs web pribadi, langganan program antivirus, dan akses hotspot Wi-Fi untuk mengikuti paket internet penyedia. Jika ini adalah layanan yang sudah ingin Anda bayar, mungkin ada baiknya menggunakan paket internet berdasarkan fitur khusus yang ditawarkannya.

 

5. Rasakan Layanan Pelanggan

Jika bergantung pada internet untuk tujuan yang berhubungan dengan pekerjaan, penting untuk memastikan koneksi tetP dapat diandalkan. Apabila terjadi kesalahan, tim layanan pelanggan tepercaya dapat membuat Anda aktif kembali dalam waktu singkat. Testimoni pelanggan juga bisa menjadi acuan. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement