Selasa 14 Feb 2023 09:18 WIB

BIG Temukan Gunung Bawah Laut di Pacitan Jawa Timur  

Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 2.200 meter 

Rep: Shabrina Zakaria/ Red: Agus Yulianto
Deep Discoverer menjelajahi dinding gunung bawah laut di mana terdapat Palung Mariana. (Ilustrasi)
Foto: noaa 2016
Deep Discoverer menjelajahi dinding gunung bawah laut di mana terdapat Palung Mariana. (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Tim survei dari Pusat Pemetaan Kelautan dan Lingkungan Pantai (PKLP) Badan Informasi Geospasial (BIG) menemukan gunung bawah laut di perairan selatan Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Gunung ini berada di dasar laut dengan kedalaman sekitar 6.000 meter.

Koordinator Pemetaan Kelautan BIG, Fajar Triady Mugiarto, mengatakan gunung ini memiliki ketinggian sekitar 2.200 meter, dengan puncak gunung berada pada kedalaman sekitar 3.800 meter.

“Gunung bawah laut yang baru ditemukan ini berada sekitar 260 kilometer di selatan Kabupaten Pacitan, tepatnya berada di perbatasan antara Jawa Tengah dan Jawa Timur,” kata Fajar dalam keterangan tertulisnya, Senin (13/2/2023).

Fajar mengatakan, BIG melakukan koordinasi teknis dengan sejumlah pihak terkait, yaitu pakar geologi, hidrografi, serta perwakilan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pacitan dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur. Rapat ini juga dihadiri perwakilan dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), dan Pusat Hidro-Oseanografi TNI AL (Pushidrosal).