Selasa 07 Mar 2023 17:21 WIB

Doa Malam Nisfu Syaban dan Tata Cara Amalan yang Dilakukan Seusai Maghrib

Doa malam Nisfu Syaban turut menyempurnakan keutamaan malam ini

Rep: Muhyiddin / Red: Nashih Nashrullah
Umat muslim membaca surah Yasin di malam nisfu Syaban (ilustrasi). Doa malam Nisfu Syaban turut menyempurnakan keutamaan malam ini
Foto: ANTARA/Suwandy
Umat muslim membaca surah Yasin di malam nisfu Syaban (ilustrasi). Doa malam Nisfu Syaban turut menyempurnakan keutamaan malam ini

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Ada banyak amalan yang bisa dilakukan pada malam Nisfu Syaban. Pada 2023 ini, malam Nisfu Syaban bertepatan dengan Selasa (7/3/2023). Apa saja? 

Ketua Lembaga Dakwah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (LD PBNU), KH Abdullah Syamsul Arifin atau Gus Aab, menjelaskan di setiap Nisfu Syaban, menurut Gus Aab, umat Islam juga dianjurkan untuk melakukan puasa sunnah, yang mana pada tahun ini jatuh pada Rabu, 8 Maret 2023. Namun, setelah 15 Syaban itu, umat Islam dilarang untuk melakukan puasa sunnah lagi.  

Baca Juga

Sedangkan pada malam Nisfu Syaban, menurut Gus Aab, umat Islam dianjurkan untuk memperbanyak ibadah seperti melaksanakan sholat sunnah.

“Hal yang dilakukan adalah memperbanyak ibadah, di antaranya kita memperbanyak sholat sunnah. Tapi itu tidak dikhususkan untuk sholat Nifsu Syaban karena tidak ada ajaran seperti itu. Jadi tidak dikhususkan, tapi sholat sunnah biasa,” kata Gus Aab.