Senin 08 May 2023 07:59 WIB

Cerita Dosen UMM Lakukan Riset Hingga Telusuri Kejayaan Islam di Spanyol

Riset yang dikerjakan mengenai biokimia yang mengarah pada reproduksi.

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Yusuf Assidiq
  Dosen Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) Moh Mirza Nuryadi menjalani program academic staff exchange di Spanyol.
Foto: Dokumen
Dosen Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) Moh Mirza Nuryadi menjalani program academic staff exchange di Spanyol.

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Salah satu pengalaman menarik didapatkan oleh salah satu dosen Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) Moh Mirza Nuryadi. Ia berhasil menginjakkan kaki di Spanyol melalui program academic staff exchange.

Berkolaborasi dengan Universidad Catolica San Antonio De Murcia Spanyol (ICAN), ia dapat merasakan pengalaman mengajar di sana. Mirza mengaku sudah menyiapkan diri sejak 2021 lalu. Namun sedikit tersendat karena pandemi masih ada.

"Alhamdulillah, persiapan saya sejak dini nyatanya memberikan jalan tersendiri,” jelasnya. Selain berkesempatan mengajar di Spanyol, Mirza juga sempat mengunjungi fakultas kedokteran dan melakukan diskusi terkait riset yang ia angkat di depan mahasiswa sarjana, master, maupun doktoral di sana.

Adapun riset yang ia lakukan mengenai biokimia yang mengarah pada reproduksi, yakni resistensi nyamuk aedes aegypti pembawa virus yang menyebabkan manusia terjangkit demam berdarah. Dari riset itu pula, ia juga telah meluncurkan beberapa artikel ilmiah di level nasional maupun Internasional.

Terkait sistem pengajaran, ia mendapati ada klasifikasi untuk setiap kelas. salah satunya kelas berbahasa Inggris yang membuat para mahasiswa bisa terus melatih bahasa Inggrisnya. Hal itu bermanfaat saat ada tamu atau pengajar yang menggunakan bahasa yang sama.

Menurut dia, cara belajar mahasiswa juga tidak jauh berbeda dengan Indonesia. Hanya ada kepercayaan lebih antara pengajar dan mahasiswa sehingga mereka bisa mengeksplor diri. "Namun tetap dalam pengawasan dosen,” tambah alumnus SMA Muhammadiyah 1 Sumenep itu.

Ia juga tak menyia-nyiakan waktu selama berada di Spanyol. Saat ada waktu kosong, ia mencoba mendapatkan pengalaman-pengalaman baru dengan mengunjungi berbagai lokasi dan mencoba berbagai makanan.

Mirza sempat mencoba berbagai olahan ikan yang dicampur dengan sayur dna kentang. Sayangnya, rasanya tidak cocok dengan lidahnya sehingga ia lebih memiliki makanan lain.

Menurut dia, sebenarnya ada makanan yang cocok tetapi tempatnya jauh di pinggiran kota. "Ada kebab dan juga nasi briyani yang relatif sesuai dengan lidah saya,” ujarnya.

Mirza juga mendatangi kota Madrid. Di sana ia sangat kagum dengan keramahan penduduknya. Walaupun penduduk sana tidak banyak yang bisa bahasa Inggris, mereka membantu menunjukkan arah saat dia kebingungan dan tersesat.

Ia juga menyempatkan datang ke tempat bersejarah Islam yang menjadi tempat paling berkesan, yakni Istana Alhambra di Kota Granada, Spanyol. Arsitektur bangunan istana tersebut membuatnya kagum. Mirza pun menyempatkan diri mengikuti tur dan belajar tentang sejarah kejayaan Islam di negeri Matador itu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement