Selasa 09 May 2023 15:35 WIB

Semakin Tua Usia, Bangun Tidur Jadi Lebih Awal dari Biasanya, Ini Penyebabnya

Waktu bangun lebih awal adalah bagian dari proses penuaan alami.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Qommarria Rostanti
Lansia (ilustrasi). Semakin tua, seseorang akan bangun tidur lebih awal dari biasanya.
Foto: www.freepik.com.
Lansia (ilustrasi). Semakin tua, seseorang akan bangun tidur lebih awal dari biasanya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Seiring bertambahnya usia, tubuh manusia berubah baik secara internal maupun eksternal. Ini merupakan faktor utama di balik perubahan tidur yang terjadi pada kemudian hari.

“Seperti kebanyakan hal yang berubah seiring bertambahnya usia, tidak hanya ada satu alasan, dan semuanya saling berhubungan,” kata seorang profesor psikologi di University of Michigan, Cindy Lustig, dikutip dari laman Huffpost, Selasa (9/5/2023).

Baca Juga

Lustig mengurasikan alasan utama mengapa hal tersebut terjadi dan apa yang bisa seseorang lakukan jika ingin mendapatkan beberapa jam ekstra untuk beristirahat. Pertama, waktu bangun lebih awal adalah bagian dari proses penuaan alami. Seperti aspek lain dari kesehatan fisik dan mental, otak menjadi kurang responsif seiring bertambahnya usia.

“Saraf otak mungkin tidak merasakan dan memberikan respons yang seharusnya, karena itu adalah otak yang menua," kata Direktur Center for Sleep and Circadian Sciences di University of Arizona Health Sciences, dr Sairam Parthasarathy.