Rabu 07 Jun 2023 08:17 WIB

Pengelolaan Sampah Rumah Tangga di Bantul Didorong Berbasis Kalurahan

Pemilahan sampah dari rumah tangga adalah budaya yang harus dibangun.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Yusuf Assidiq
Pekerja memilah sampah plastik di BUMDes Kelompok Usaha Pengelolaan Sampah (Kupas) Panggungharjo, Sewon, Bantul, DI Yogyakarta.
Foto: ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah
Pekerja memilah sampah plastik di BUMDes Kelompok Usaha Pengelolaan Sampah (Kupas) Panggungharjo, Sewon, Bantul, DI Yogyakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, BANTUL -- Tenggat waktu penyuksesan program Bantul Bersih Sampah 2025 (Bantul Bersama) kian dekat. Segenap jajaran pemangku kepentingan dan berbagai elemen masyarakat Bantul kembali diingatkan mengenai hal ini pada Peringatan Hari Keanekaragaman Hayati dan Hari Lingkungan Hidup Sedunia, yang digelar oleh Dinas Lingkungan Hidup Bantul di Bukit Watu Gagak, Wukirsari.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Bantul, Ari Budi Nugroho menyebutkan, pihaknya menghadapi dua tantangan besar yakni membangun kesadaran masyarakat akan pengurangan sampah dari rumah tangga serta mengurangi volume sampah yang dibuang ke TPA. Harapannya di 2025 mendatang, sampah dapat diselesaikan di tingkat kalurahan.

“TPS3R belum seluruhnya ada di kalurahan, saat ini ada 18 unit, tapi selain itu ada banyak pengelola sampah mandiri di tingkat kalurahan yang harus kita dorong,” ujar Ari.

Sementara itu, Bupati Bantul Abdul Halim Muslih mengungkapkan, saat ini Bantul telah memiliki struktur pengelolaan sampah yang nantinya menjadikan kalurahan dan padukuhan menjadi basis pengelolaan sampah rumah tangga.

"Dukungan dan fasilitasi kita berikan dengan sumber pembiayaan baik hibah maupun kegiatan OPD, total dana hibah ada Rp 46,5 miliar yang salah satu fokusnya adalah untuk pengelolaan sampah,” jelas Halim.

Ia menambahkan, dalam penyelesaian masalah sampah ini, perubahan budaya masyarakat adalah kuncinya, meski begitu membentuk budaya baru adalah tantangan yang berat.

Pemilahan sampah dari rumah tangga adalah budaya yang harus dibangun dan dilakukan serentak oleh seluruh masyarakat. Dengan begitu maka Bantul Bersih Sampah 2025 dapat diwujudkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement