Rabu 14 Jun 2023 16:59 WIB

Penembakan Bahar Smith Belum Tuntas, Alasan Polda: Laboratorium Forensiknya di Mabes

Polda Jabar mengaku masih menunggu hasil laboratorium Habib Bahar Smith.

Rep: Shabrina Zakaria/ Red: Teguh Firmansyah
Kabid Humas Polda Jawa Barat Kombes Pol Ibrahim Tompo.
Foto: Republika/M Fauzi Ridwan
Kabid Humas Polda Jawa Barat Kombes Pol Ibrahim Tompo.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Polisi masih melakukan penyelidikan terhadap dugaan kasus penembakan Habib Bahar bin Smith yang dilaporkan pada Jumat (12/5/2023) di wilayah Kecamatan Kemang, Kabupaten Bogor. Sebelum merilis hasil penyelidikan ke publik, polisi saat ini masih menunggu hasil pemeriksaan di laboratorium forensi Mabes Polri.

“Karena laboratorium forensiknya di Mabes, jadi kita cuma menunggu hasil,” kata Kabid Humas Polda Jawa Barat, Kombes Pol Ibrahim Tompo, dikonfirmasi Republika, Rabu (14/6/2023).

Baca Juga

Ibrahim mengatakan, info publik atas penyelidikan kasus ini akan diekspos setelah semua data terkumpul. Termasuk hasil laboratorium forensik tersebut.

Sejak laporan penembakan pada 12 Mei 2023, hingga saat ini terhitung sudah satu bulan polisi melakukan penyelidikan atas kasus ini. Ibrahim menjelaskan, polisi membutuhkan waktu tersebut untuk memberikan data yang akuntabel kepada publik. “Kita berprinsip memberikan data yang akuntabel, insya Allah jika datanya selesai akan diinformasikan,” ujarnya.

Di samping itu, Ibrahim pun turut angkat bicara perihal forensik kaus yang disampaikan oleh Kapolres Bogor AKBP Iman Imanuddin sekitar dua pekan lalu. Ibrahim menjelaskan, forensik kasus yang dimaksud ialah pemeriksaan di laboratorium forensik, terhadap perkara terhadap Habib Bahar saat kejadian.

“Kita belum memberikan data detailnya sebelum semua hasil lidik pendalamannya lengkap,” jelasnya.

Sebelumnya, diberitakan Polisi masih menunggu data investigasi atas laporan penembakan terhadap Habib Bahar bin Smith, yang dilaporkan terjadi pada Jumat (12/5/2023) di wilayah Kecamatan Kemang, Kabupaten Bogor. Jika hasil investigasi selesai, hasil visum yang dilakukan di Rumah Sakit PMI Bogor pun akan disampaikan kepada publik.

Ibrahim mengatakan hasil visum dari RS PMI sudah diambil. Hasil visum tersebut akan dirilis dan disampaikan bersama dengan data investigasi yang lain. “Kalau hasil visum sudah diambil, namun info publiknya akan disampaikan bersama dengan data scientific investigasi yang lain,” kata Ibrahim kepada Republika, Ahad (11/6/2023).

Diketahui, Habib Bahar bin Smith dilaporkan terkena tembakan pada Jumat (12/5/2023) malam WIB. Namun, hingga kini, belum diketahui siapa penembaknya dan lokasi tepat penembakan.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement